Sabtu, 01 Juni 2024

Algoritma Pengurutan

Algoritma Pengurutan by Iryanti Andriyani

 Algoritma merupakan bagian terpenting dan tidak dapat dipisahkan dari pemrograman. Sebelum membuat suatu program aplikasi, hal pertama yang perlu dipahami adalah algoritma atau prosedur pemecahan masalah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang algoritma antara lain [Ramadhani, 2015]:

1. Algortima berisi deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah

2. Setiap algoritma ditulis dalam benutk pseudocode

3. Pseudocode yang dibuat mempunyai kemiripan dengan bahasa pemrograman umum

4. Pseudocode dalam bentuk notasi algoritmik harus diterjemahkan ke dalam notasi bahasa pemrograman yang dipilih

5. Algoritma yang dibuat diterjemahkan kedalam notasi bahasa pemrograman seperti pendeklarasian variabel, pemilihan tipedata, aturan sintaks, dan lainnya.

Larik (Array)

Array adalah kumpulan data untuk menyimpa item bertipe data sama, biasanya pada pengurutan data adalah data dengan tipe sama. Setiap data disimpan dalam alamat memori yang berbeda yang disebut elemen array. Komponen-komponen dari array antara lain nama array, nilai array, indeks array, jenis array [Situmorang, 2016]. Adapun proses yang dapat dilakukan dalam sebuah array antara lain memasukkan elemen data, mencari elemen data, menyisipkann elemen data, mencari posisi elemen data tertentu dan proses mengurutkan elemen data [Situmorang, 2016]

Pengurutan Data (Sorting)

Data terkadang berada dalam bentuk yang tidak berpola ataupun dengan pola tertentu yang diinginkan. Tidak ada algoritma terbaik untuk semua keadaan, kadang kala sebuah algoritma sangat efisien ketika jumlah datanya sedikit, namun kinerjanya menjadi berkurang ketika jumlah data ditambahkan atau meningkat. Meskipun memiliki kemampuan komputasi lebih tinggi, namun jika menggunakan algoritma yang kurang efisien, maka akan membutuhkan waktu lebih lama. Ssehingga untuk memecahkan permasalahan diperlukan sebuah algoritma yang efektif daan efisien agar persoalan komputasi serta terbatarnya alokasi memori dapat diatasi. 


0 Comments:

Posting Komentar