Senin, 01 April 2024

Apa yang Dimaksud dengan Proyek?

Pada materi sebelumnya Anda telah diperkenalkan berbagai jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di berbagai bidang. Oleh karena itu, Anda dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan keperluan Anda dan ide-ide inovatif Anda. Proses pengembangan aplikasi informatika dapat dianggap sebagai suatu proyek. Oleh karena itu, agar proses pengembangan suatu aplikasi berjalan dengan baik, proses tersebut harus diselesaaikan dengan menggunakan sumber daya yang efisien dan tepat waktu. Hal tersebut dapat terpenuhi jika proses pengembangan dilakukan dengan pendekatan manajemen proyek. 

Apa yang Dimaksud dengan Proyek?

Menurut Project Manajement Institute (PMI), proyek adalah pekerjaan sementara yang dilakukan untuk menghasilkan produk, layanan, atau hasil yang unik. Sedangkan pekerjaan sementara adalah pekerjaan yang mempunyai waktu awal dan akhir (jangka waktu tertentu) yang ditentukan pada saat proyek direncanakan. Proyek dilakukan dengan tujuan yang jelas dan terukur. Artinya, ketika proyek dimulai, tujuan proyek sudah ditetapkan secara jelas dan dapat diukur hasilnya (sudah ada parameter pengukuran yang telah ditentukan).

Suatu proyek dapat merupakan suatu pekerjaan yang sangat besar dan melibatkan ribuan norang, tetapi proyek juga dapat berupa suatu pekerjaan yang kecil yang hanya melibatkan beberapa orang saja. Selain melibatkan sumber daya manusia, suatu proyek informatika pasti akan melibatkan penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Berikut beberapa contoh proyek informatika.

  1. Sekelompok peserta didik membangun perangkat lunak untuk mata pelajaran IPA dan Matematika
  2. Suatu perusahaan retail mengembangkan aplikasi mobile untuk penjualan online.
  3. Suatu RT dan RW membangun jaringan WiFi untuk melayani warga di RT dan RW tersebut.
  4. Kelurahan A membangun perangkat lunak untuk administrasi kependudukan.
  5. Suatu organisasi mengembangkan pernagkat lunak untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggannya.
  6. Suatu perusahaan multinasional membangun sistem informasi untuk mengintegritaskan manajemen sumber daya perusahaan.
Mesksipun mempunyai ukuran dan kebutuhan sumber daya yang berbeda-beda, setiap proyek mempunyai atribut yang sama. Beberapa atribbut dari suatau proyek adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan yang unik. Setiap proyek mempunyai tujuan yang ditentukan secara jelas. Tujuan yang jelas akan membantu proyek manajer untuk mengelola dan mengevaluasi proyek.
  2. Proyek bersifat sementara. Suatu proyek harus ditentukan kapan dimulainya dan kapan target selesainya.
  3. Suatu proyek memerlukan sumber daya. Suatu proyek umumnya menggunakan sumber daya dari berbagai sumber, misalnya sumber daya manusia, keuangan, perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lainnya.
  4. Suatu proyek melibatkan proses ketidakpastian. Ketika proyek berjalan maka ada banyak hal di dalam proses yang bersifat tidak pasti. Ketidakpastiana ini dapat mengganggu dan bahkan menggagalkan proyek. Oleh karena itu, perlu manajemen proyek yang baik agar proyek tetap dapat berjalan sesuai target. 
Selain dapat mencapai tujuan dari proyek, sebuah proyek mempunyai tiga batasan (constrain) yang harus dipenuhi, sehingga suatu proyek dapat dianggap sukses. Ketiga batasan tersebut adalah ruang lingkup pekerjaan (scope), waktu, dan biaya.
  1. Ruang lingkup pekerjaan. Proyek dibatasi oleh ruang lingkup pekerjaan. Seluruh ruang lingkup pekerjaantersebut harus dipastikan sudah dikerjakan ketika proyek berakhir.
  2. Waktu. Setiap proyek dibatasi oleh waktu awal dan batas akhir proyek sesuai dengan yang direncanakan. Oleh karena itu, semua pekerjaan harus diselesaikan dalam renatang waktu yang sudah direncanakan.
  3. Biaya. Setiap proyek dibatasi oleh biaya. Proyek yang dikelola dengan baik adalah proyek yang dapat mencapai target dengan anggaran yang sudah direncakan. 
Manajemen proyek diperlukan agar proyek dapat mencapai tujuannya dengan ketiga batasan tersebut. manajemen proyek adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, perangkat-perangkat, keahlian, metode-metode, dan pengalaman untuk mencapai tujuan proyek dengan batasan yang sudah ditentukan.

0 Comments:

Posting Komentar