Senin, 11 April 2022

Bantalan (Bearing)

Bantalan (Bearing)


Bantalan (Bearing)  atau biasa dikenal dengan laher adalah elemen mesin yang mendukung gerakan elemen mesin yang lain.  Bearing Ini menumpu poros berbeban,  sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung secara hapus,  aman, dan berumur panjang. 


Pemilihan tipe bearing bergantung pada jenis beban yang akan diterimanya.  Berdasarkan keadaan beban bearing dibedakan menjadi tiga jenis,  yaitu

a.  Bearing radial
b.  Bearing aksial
c.  Bearing translasi


Sedangkan berdasarkan sistem gerak dan gaya gesek, dibedakan menjadi dua jenis, yaitu

a.  Bearing luncur
b.  Bearing gelinding


Kedua bearing diatas memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut perbandingan dari bearing luncur dan bearing gelinding
1. Bearing luncur memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan bearing gelinding.
2. Bearing luncur lebih murah dibanding bearing gelinding.
3. Bearing luncur mampu menumpu poros berputaran tinggi dengan beban besar.  Sedangkan bearing gelinding cocok untuk beban yang kecil. 
4. Gerakan yang terjadi pada bearing luncur sangat tinggi,  sehingga temperaturnya juga sangat tinggi.  Sedangkan bearing gelinding memiliki gesekan yang lebih rendah. 
5. Bearing luncur tidak memerlukan ketelitian yang tinggi,  sedangkan bearing gelinding memerlukan ketelitian yang tinggi. 
6. Sistem pelumasan tidak sederhana pada bearing luncur,  berbeda dengan bearing gelinding yang lebih sederhana dan mudah, bahkan sudah ada seal nya sendiri. 

0 Comments:

Posting Komentar