Jumat, 28 Desember 2018

Tata Surya [Kedudukan Bumi dalam Tata Surya]

Tata Surya - Kedudukan Bumi dalam Tata Surya

1. Bumi sebagai Planet
Bumi berputar mengelilingi Matahari. Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dinamakan revolusi. Lintasan orbit Bumi terhadap Matahari berbentuk elips dengan jarak rata-rata sepanjang  149.500.000 km. Namun, karena lintasan orbit berbentuk elips, jarak antara Matahari dan Bumi selalu berubah. Perubahan jarak itu terjadi pada saat Bumi berada di titik terdekat (perihelion) dan di titik terjauh (apehelion) dari Matahari. Selisih jarak antara titik terdekat dan titik terjauh itu adalah sepanjang 5 juta km.

Selain berputar mengelilingi Matahari, Bumi juga berputar pada porosnya. Perputaran Bumi pada porosnya dinamakan rotasi. Pada saat berotasi, keadaan sumbu Bumi tidak tetap, melainkan melakukan presisi untuk mengimbangi gaya gravitasi. 

Presisi Bumi terjadi karena bentuk Bumi tidak bulat seperti bola melainkan pepat, sumbu Bumi yang miring, serta gravitasi Bulan dan Matahari. Presisi dilakukan Bumi terutama untuk melawan gaya tarik Bulan dan Matahari yang cenderung menjatuhkan Bumi ke bidang orbit Bumi.

Bumi diselimuti oleh campuran gas yang disebut udara (atmosfer). Atmosfer merupakan zat yang sangat penting bagi kehidupan di muka Bumi. Atmosfer terdiri dari campuran berbagai gas, terutama nitrogen yang merupakan unsur terbanyak (78%) dan okseigen (21%). Selain kedua gas tersebut, gas-gas yang turut menyusun atmosfer antara lain argon, karbondioksida, dan uap air.

2. Rotasi Bumi dan Akibatnya
Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya (sumbuunya) dengan arah dari barak ke timur. Posisi poros Bumi ini tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi  miring membentuk sudut sebesar 66,5 derajat. Bumi melakukan rotasi dengan arah dari barat ke timur selama 23 jam 56 menit dan 4 detik atau disebut satu hari. Rotasi Bumi mengakibatkan terjadinya peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan di Bumi, antara lain :

  • Pergantian malam dan siang
  • Gerak semu harian benda langit
  • Perbedaan waktu
3. Revolusi Bumi dan Akibatnya

Bumi berputar mengelilingi matahari membutuhkan waktu 365 hari atau disebut satu tahun surya. Revolusi Bumi mengakibatkan terjadinya peristiwa-peristiwa sebagai berikut :

  • Gerak semu matahari
  • Pergantian Musim

0 Comments:

Posting Komentar