Informatika Kelas 8 SMP/MTs/Sederajat

Berikut adalah materi mata pelajaran Informatika Kelas 8 SMP/MTs/Sederajat:

Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya

A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

B. Cara Belajar Informatika

  • Materi tentang Konsep Informatika
  • Belajar Lewat Kasus-kasus Nyata
  • Aktivitas yang Dirancang pada Setiap bab
  • Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
  • Pentingnya Minat dan Motivasi

C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika di Kelas 7

D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas 8?

E. Apa Harapan Guru?

F. Permaknaan dan Kualitas Hasil Belajar

G. Refleksi dan Rencana Kegiatan


Bab 2 Berpikir Komputasional

A. Fungsi

B. Himpunan dan Sistem Bilangan

  • Himpunan
  • Sistem Bilangan

C. Algoritma

D. Struktur Data


Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

  • Objek Aplikasi
  • Fitur Aplikasi
  • Studi Kasus : Analisis Objek dan Fitur Aplikasi Pengolah Kata Analisis/ Bedah Aplikasi Pengolah Kata

B. Pembuatan Laporan

C. Merangkum Narasi dari Konten Digital

D. Laboratorium Maya Sejarah

  • Laboratorium Maya Phet
  • NOVA Labs
  • The Concord Consortium

Bab 4 Sistem Komputer
A. Komponen Sistem Komputer
  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak
B. Pengalamatan Memori
  • Sistem Heksadesimal
  • Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal
C. Central Processing Unit

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
A. Jaringan Komputer
  • Jaringan Lokal
  • Jaringan Internet
  • Konfigurasi Jaringan Komputer
  • Routing pada Jaringan Komputer
B. Komunikasi Data pada Ponsel
C. Terhubung ke Internet dengan Aman
  • Web Phishing
  • Setting Keamanan pada Browser
Bab 6 Analisa Data
A. Pencarian Data
  • Pencarian Data dengan Fungsi Lookup
  • Pencarian Data dengan Fungsi Reference
B. Visualisasi Data
C. Peringkasan Data
  • SUMIFS dan COUNTIFS
  • Pivot Table Satu Dimensi
  • Pivot Table Dua Dimensi
D. Pengelolaan Data
E. Studi Kasus
  • Tantangan - Pencarian Data
  • Tantangan - Peringkasan dan Visualisasi Data
  • Tantangan - Pengelolaan Data

Bab 7 Algoritma Pemrograman
A. Eksplorasi Lanjutan Scratch
  • Kode Control, Input, dan Variable
  • Kode Custom Block
B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze
C. Eksplorasi Blocky Games Music
E. Pengenalan Pemrograman Prosedural
  • Variabel
  • Percabangan
  • Pengulangan
F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot

Bab 8 Dampak Sosial Informatika
A.Media Sosial
B. Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial
C. Cyberbullying

Bab 9 Praktik Lintas Bidang
A. Media Interaktif Lempeng Bumi
  • Media Interaktif Lempeng Bumi
  • Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia
B. Mesin Hitung Uang Koin
C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin

0 Comments:

Posting Komentar