Kamis, 03 Oktober 2024

Latihan Soal Relativitas

Sumber : www.pixabay.com

1. Seseorang berjalan diatas kereta dengan kelajuan 1 m/s. Kereta berjalan dengan kelajuan 72 km/jam terhadap tanah. Tentukan kecepatan orang terhadap tanah jika arah jalan orang tersebut (a) searah kereta (b) berlawanan dengan kereta.



2. Dua buah pesawat A dan B bergerak berlawanan dengan kelajuan sama 0,8c. Tentukanlah kelanjuan B terhadap A.



3. Sebuah pesawar panjang 10 m melanju dengan 0,8c. Tentukanlah panjang pesawat menurut (a) penumpang pesawat (b) menurut pengamat di bumi.



4. Seorang astronot di bumi memiliki denyut 60 detak per menit. Jika kemudian ia melaju dengan 0,8c bersama pesawat Doraemon, berapa banyak detak per menit di ukur oleh pengamat yang diam (a) di pesawat (b) di bumi.



5. Ghani dan Galih adalah anak kembar berumur sama 20 tahun. Ghani mengembara ke angkasa dengan laju 0,8c mencari Novita yang berjarak 4 tahun cahaya. Setelah sampai langsung pulang. Berapa umur Ghani dan Galih?

6. Saat burung mas Akmal 20 cm. Jika diamati oleh seorang pengamat yang bergerak dengan 0,8c, berapakah panjang burung tadi?

7. Ghozy dan Ambar saudara kembar yang usianya 86 tahun. Ghozi naik pesawat dengan kecepatan 0,6c menuju planet Ocean yang jaraknya 3 tahun cahaya. Berapakah usia mereka masing-masing jika Ghozi kembali ke Bumi?

8. Sebuah benda massa 2 kg diangkat sampai ketinggian 30 cm dari lantai, berapakah pertambahan massa benda akibat pertambahan energi potensialnya.

9. Mr. To naik kereta api dengan kecepatan 25 m/s. Pada suatu ketika bertemu Mr. Yan yang duduk di kursi di luar kereta. 20 detik kemudian Mr. Yan melihat burung terbang sepanjang rel kereta searah kereta pada jarak 600 m. Tentukan jarak burung menurut Mr. Yan.

10. Sepasang anak kembar Altrina dan Diajeng berkelana di antariksa dengan kelajuan tinggi. Setelah 10 tahun berkelana Altrina kembali ke Bumi. Tetapi menurut Diajeng, Altrina berkelana 20 tahun. Berapakah kelajuan pesawat yang ditumpangi Altrina?


0 Comments:

Posting Komentar