Sabtu, 14 September 2024

Dampak Positif Produk Informatika dan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung kehidupan manusia dalam berbagai aspek memberikan dampak positif. Teknologi membuat interaksi antarsesama pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan membuat tingkat keterhubungan satu dengan yang lain semakin tinggi. Selain itu, teknologi juga berhasil mengubah cara hidup manusia.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan cara lebih mudah, cepat, dan murah dengan dukungan teknologi yang tingkat kesejahteraan dan kenyamanan hidup serta mengurangi berbagai permasalahan sosial yang ada selama ini.  

Informatika adalah bidang ilmu mengenai perancangan dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang mencakup ilmu komputer, sistem informasi dan teknik komputer. Informatika juga menjadi sorotan terkait perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan pada kehidupan sosial sekarang. 

Dampak Positif Informatika Dilihat dari Sisi Positif adalah sebagai berikut:

1. Aktivitas Keseharian

Kita dapat berbelanja, membaca berita, berkomunikasi dengan saudara, dan mengurus keuangan secara online. Dengan adanya teknologi Internet of Things (IoT) memungkinkan kita mengatur perangkat rumah dari jarak jauh. 

Sekilas mengenai IoT

Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana berbagai perangkat fisik terhubung ke internet dan saling berkomunikasi satu sama lain. Perangkat ini bisa berupa berbagai macam barang seperti sensor, alat rumah tangga, mobil, dan perangkat elektronik lainnya. Dengan adanya IoT, perangkat-perangkat ini bisa mengumpulkan dan bertukar data, serta seringkali dapat dikendalikan atau dipantau melalui aplikasi atau sistem berbasis web. Contohnya, kita bisa mengatur suhu thermostat rumah dari jarak jauh melalui smarthphone, atau mobil kita bisa mengirimkan data pemeiharaan ke dealer secara otomatis. Tujuan dari IoT adalah untuk meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan pengambilan keputusan melalui penggunaan data yang diperoleh dari perangkat yang terhubung. 

2. Pendidikan Berbasis E-Learning

E-leraning menjadi solusi saat pandemi Covid-19. Pembelajaran daring melibatkan interaksi siswa-guru melalui video conference, materi dalam bentuk video, e-books, dan forum diskusi. Siswa berpartisipasi dalam kuis daring dan tugas daring,serta berkolaborasi dengan forum diskusi.

3. Kesehatan

Telemedicine memungkinkan kita berkonsultasi dengan dokter secara virtual, menerima resep obat, dan obat diantarkan ke rumah. Pembayaran dilakukan secara online.

4. Perdagangan (E-commerce)

Saat ini, banyak brand e-commerce seperti yang menjadi pasar virtual favorit untuk berbelanja bagi banyak orang. Barang bisa berupa fisik atau digital, dengan pembayaran melalui e-payment. Untuk daerah dengan akses internet terbatas, kolaborasi dengan penyedia layanan internet lokal bisa dikembangkan.

5. Pekerjaan

Kemajuan informatika menciptakan lapangan kerja baru dalam pengembangan web, aplikasi, pemrograman, analisis data, dan pekerjaan lainnya yang dapat dilakukan dari rumah. Pekerjaan non-teknologi juga semakin terbantu oleh Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) dalam berkomunikasi dan menjalankan bisnis. TIK juga telah membuka lapangan kerja wiraswasta yang dapat beroperasi dari berbagai lokasi tanpa batas geografi

0 Comments:

Posting Komentar