Jumat, 09 Agustus 2024

Fotosintesis, Proses Penting di Bumi

Fotosintesis adalah proses tumbuhan menggunakan energi cahaya dari matahari untuk memasak makanannya sendiri agar bisa tetap bertahan hidup. Proses "memasak" makanan pada tumbuhan ini memerlukan bahan fotosintesis yaitu cahaya Matahari, air, karbondioksida, dan klorofil.

Dari bahan tersebut, daun akan memulai proses fotosintesis dengan menyerap energi cahaya dari Matahari melalui klorofil. Setelah energi cahaya Matahari terserap, bahan selanjutnya yang dibutukan adalah air. Air didapatkan dari dalam tanah dengan cara diserap oleh akar dan disalurkan oleh batang ke daun. Setelah air diserap oleh daun, kemudian daun akan menyerap bahan fotosintesis yang terakhir, yaitu gas karbondioksida melalui mulut daun. Setelah semua bahan diserap, daun akan melakukan proses memasak makanan atau fotosintesis di bagian daun yang tidak terlihat oleh mata kita, yaitu kloroplas. Dari fotosintesis, tumbuhan akan menghasilkan karbohidrat dan gas oksigen. Karbohidrat adalah makanan bagi tumbuhan. Nanti karbohidrat ini akan disalurkan oleh batang tumbuhan ke seluruh tubuh tumbuhan. Sedangkan, gas oksigen akan dikeluarkan melalui stomata ke lingkungan.

Karbon dioksida + Unsur hara + Air = Oksigen + Karbohidrat

Manfaat Fotosintesis

Fotosintesis banyak manfaatnya bukan hanya bagi tumbuhan sendiri, juga bagi lingkungan sekitar. Pepohonan dapat tumbuh dan berkembang karena makanan hasil fotosintesis. Buah atau umbi yang dihasilkan dari fotosintesis dapat dikonsumsi oleh manusia dan hewan.

Kita bisa bernapas juga karena menghirup zat hasil fotosintesis berupa oksigen. Hewan dan manusia mendapat energi dan memakan dari tumbuhan. Semua kehidupan dibumi bisa berlangsung karena fotosintesis dari tumbuhan. Oleh karena itu, fotosintsis merupakan proses penting yang ada di Bumi. Kita harus menjaga keberadaan tumbuhan supaya tetap ada di lingkungan kita.

0 Comments:

Posting Komentar