Rabu, 14 Agustus 2024

Benda yang Elastis

A. Pengertian Benda Elastis

Benda elastis adalah benda yang memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk dan ukuran aslinya ketika gaya yang menyebabkan deformasi dihilangkan. Artinya, benda elastis adalah benda yang  lentur. Ketika benda elastis ditarik ataupun ditekan sehingga bentuk dan ukurannya berubah, benda tersebut dapat kembali ke bentuk dan ukuran aslinya setelah tidak ditarik maupun ditekan.

Misalnya, sebuah karet gelang dapat ditarik dan diikatkan berkali-kali pada suatu benda sehingga bentuknya berubah dan ukurannya memanjang. Namun, ketika karet gelang dilepaskan maka karet akan kembali ke ukuran dan bentuk aslinya. Kecuali, jika tarikan terlalu keras sehingga melewati batas elastisitas karet dan membuat karet tersebut putus. 

Benda elastis dapat menghasilkan gaya karena elastisitasnya. Saat benda elastis kembali ke bentuk aslinya setelah ditekna atau diregangkan, benda elastis akan memberikan gaya berupa daya dorong.

B. Contoh Benda Elastis

Contoh benda elastis yang paling dikenal adalah karet. Namun, tahukah kamu contoh benda elastis selain karet? Contoh lain benda elastis adalah :

  • Elastin, protein yang membuat jaringan ikat makhluk hidup elastis
  • Nilon, polimer yang digunakan untuk pakaian, jaring ikan, senar alat musik, dan material mesin yang elastis
  • Spandeks, serat sintesis yang digunakan untuk pakaian, sol sepatu dan sandal, selubung kabel
  • Pegas, digunakan untuk berbagai macam mesin pembakaran seperti pada kendaraan bermotos
  • Getah, bahan elastis alami yang digunakan untuk pembuatan lilin, resin, permen karet, sabun, perekat, dan perban.
  • Wol, bahan elastis alami yang digunakan untuk membuat pakaian, karpet, selimut, dan insuliasi panas. 
  • Silikon, polimer anorganik yang digunakan untuk pembuatan transistor, sel surya, dan resin. Silikon juga digunakan dalam industri medis terutama dalam bidang bedah.
  • Plastik, digunakan untuk berbagai macam benda dari mulai peralatas rumah tangga, bagian mesin, insulasi tlistrik, dan perlengkapan medi.

0 Comments:

Posting Komentar