Rabu, 24 Juli 2024

Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Masing-masing hewan memiliki tempat hidup, berikut penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya:

A. Hewan yang Hidup di Darat

Hewan darat hidupnya di darat. Hewan darat banyak jenisnya. Hewan darat tinggal di permukaan bumi. Misalnya kambing, sapi, dan harimau. Namun ada juga yang tinggal di dalam tanah. Misalnya belut, cacing, dan semut. 

Contoh Hewan yang Hidup di Darat
BelutCacingSemut

B. Hewan yang Hidup di Air

Kelompok hewan air ada bermacam-macam. Kelompok hewan air dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. Hewan yang hidup di air tawar

Air tawar adalah air tak berasa. Artinya tidak mengandung garam. Kita bisa menemukannya di sungai atau danau. Banyak sekali hewan yang hidup di sana. Misalnya ikan lele dan ikan mas.

Hewan yang Hidup di Air Tawar
Ikan LeleIkan Mas

2. Hewan yang hidup di laut.

Air laut mengandung garam. Dengan demikian air laut terasa asin. Banyak pula hewan yang hidup di sana. Cotohnya ikan tongkol, teri, tuna, dan sebagainya.

3. Hewan yang hidup di payau

Air payau merupakan campuran dua air, yaitu air tawar dan air laut. Kamu bisa menemukannya di muara sungai. Yaitu pertemuan antara sungai dengan laut. Ada hewan hidup di sana. Misalnya ikan bandeng. Pernahkah manu lihat ikan bandeng?

C. Hewan yang Hidup di Dua Alam

Ada hewan yang hidup di dua alam, yaitu darat dan air. Contohnya adalah katak. Hewan ini disebut amphibi. Tahukah kamu kenapa disebut amphibi? Karena tinggalnya di dua tempat.

Katak bernapas dengan paru-paru dan kulit. Katak tidak dapat hidup di darat saja. Katak hidup di darat dan di air. Mengapa bisa terjadi? Karena kulit katak harus selalu basah. Maka katak harus hidup di air. Basahnya kulit katak berfungsi untuk pernapasan, karena katak bernapas dengan kulit dan paru-paru.

0 Comments:

Posting Komentar