Selasa, 23 Juli 2024

Penggolongan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya

Apakah penutup tubuh itu? Yaitu bagian tubuh yang paling luar. Penutup tubuh berguna untuk menutupi tubuh. Penutup tubuh hewan bermacam-macam. Ada penutup tubuh yang berupa bulu. Contohnya ituk, ayam, dan burung. Ada penutup tubuh berupa rambut. Misalnya kucing, kambing, sapi, dan kelinci.

A. Penutup Tubuh Berupa Bulu

Burung adalah salah satu hewan yang tubuhnya ditutupi bulu

Bulu merupakan penutup tubuh pada burung. Bulu tersusun dengan rapi dan alami. Bulu melindungi kulit dari panas dan dingin. Bulu terbai menjadi dua jenis. Bulu yang kecil yaitu bulu lembut. Bulu yang besar yaitu bulu kaku.

B. Penutup Tubuh Berupa Sisik

Ikan adalah salah datu hewan yang memiliki penutup tubuh berupa sisik

Sisik juga merupakan penutup tubuh hewan. Contohnya pada reptil dan ikan. Reptil adalah hewan melata. Misalnya ular, buaya dan kadal. Sisik ikan dan reptil berbeda. Sisik ikan selalu berlendir. Lendir memudahkan ikan bergerak di air. Di dalam air ikan bebas bergerak. Bergerak mencari makan dan berkembang biak. Sisik pada reptil kering tidak berlendir. Sisik ini berguna sebagai pelindung tubuh, yaitu dari pengaruh suhu dan penguapan.

C. Penutup Tubuh Berupa Rambut

Kera Siamang adalah salah satu hewan yang memiliki penutup tubuh berupa rambut

Rambut merupakan tubuh mamalia. Mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya. Misalnya kambing, kerbau, sapi, kuda, dan sebagainya. Pelindung kulit hewan ini adalah rambut. Rambut melindungi kulit dari panas dan dingin.

D. Penutup Tubuh Berupa Cangkang

Siput adalah salah satu hewan yang tubuhnya di tutupi oleh cangkang

Ada hewan yang ditutup dengan cangkang. Misalnya siput, kerang, dan keong. Cangkang merupakan zat kapur. Zat kapur bersifat keras. Zat kapur yang keras melindungi tubuh, yaitu melindungi tubuh lunak pada hewaan tersebut.


0 Comments:

Posting Komentar