Kamis, 25 Juli 2024

Penggolongan Hewan Berdasarkan Cara Geraknya

Ciri makhluk hidup adalah dapat bergerak. Makhluk hidup bergerak dengan beberapa cara. Ada hewan yang bergerak dengan kaki. Jumlah kaki hewan berbeda-beda. Ada hewan yang berkaki dua, ada juga hewan yang berkaki empat, bahkan ada juga yang memiliki enam kaki atau lebih.

Ayam dan bebek adalah hewan beraki dua. Sedangkan kucing, kambing, kerbau, dan sapi adalah hewan berkaki empat. Ada pula hewan yang berkaki enam, biasanya adalah serangga. Misalnya jangkrik dan belalang. Contoh hewan yang memiliki kaki lebih dari enam adalah ulat, laba-laba, dan kelabang.

Ada juga hewan yang tidak berkaki. Hewan tidak berkaki juga dapat bergerak. Hewan tidak berkaki bergerak dengan perut. Misalnya ular, cacing, dan belut. Ada pula hewan tanpa kaki dapat bergerak. Contohnya ikan di air. Ikan bergerak dengan sirip.

Masih ada hewan yang bergerak dengan cara lain. Contohnya bergerak dengan sayap. Beberapa hewan memiliki sayap. Sayap digunakan untuk terbang. Misalnya burung, capung, lebah, dan kupu-kupu.

Burung bergerak dengan menggunakan sayap

Ada pula hewan yang bergerak dengan meloncat. Misalnya katak dan belalang. Katak meloncat dengan kakinnya. Belalang meloncat dengan kaki dan sayapnya.

0 Comments:

Posting Komentar