Selasa, 30 Juli 2024

Nomor 11 - 20 Soal Latihan Informatika Kelas 10

Sumber Soal : Buku Informatika untuk SMA/MA Kelas X Halaman 42 dan 43 - Penerbit Erlangga - Henry Pandia

Bagian 1 Pilihan Ganda

11. Algoritme pencarian yang melakukan pencarian data dari tengah-tengah kumpulan data adalah ...

A. gelembung

B. penyisipan

C. biner

D. lompat

E. linear


12. Perhatikan pernyataan berikut.

(1) Data diurutkan terlebih dahulu
(2) Pencarian dilakukan dengan memecah data menjadi dua-dua kelompok.
(3) Lebih baik dari algoritma linear.

Persamaan dari algoritme biner dan lompat adalah ...

A. (1), (2), dan (3)

B. (1) dan (2)

C. (1) dan (3)

D. (2) dan (3)

E. (3)

13. Perhatikan proses berikut.

(1) Pilihan
(2) Penyisipan
(3) Gelembung
(4) Pengurutan cepat
(5) Penggabungan

Proses pengurutan yang dimulai dari elemen pertama adalah ...

A. (1) dan (3)

B. (1), (3), dan (4)

C. (2) dan (4)

D. (1), (2), (3), dan (4)

E. Semua

14. Proses pengurutan yang dimulai dari elemen dengan indeks = 1 adalah ...

A. pilihan

B. penyisipan

C. gelembung

D. pengurutan cepat

E. penggabungan

15. Proses pengurutan yang dilakukan dengan cara membagi kumpulan data menjadi kelompok yang terdiri dari sepasang elemen adalah ...

A. pilihan

B. penyisipan

C. gelembung

D. pengurutan cepat

E. penggabungan

B. Essay

16. Jelaskan konsep pencarian yang digunakan pada pencarian linear!

Jawab :

Pencarian linear adala pencarian yang dilakukan dengan cara paling sederhana dan kuno. Pada algoritme ini, jika kita memberikan input 1.000 data, proses pencarian akan dilakukan dengan cara menelusuri satu per satu data dan membandingkan data tersebut dengan kriteria pencarian yang diberikan. Jika dalam kondisi yang kurang beruntung, program mungkin harus menelusuri data yang diberikan mulai dari data pertama sampai data ke-1.000.

17. Jelaskan konsep pencarian yang digunakan pada pencarian biner!

Jawab : 

Algoritme biner adalah algoritme pencarian yang membagi elemen-elemen data menjadi dua bagian, kemudian melakukan pencarian sampai menemukan data yang dicari. Proses pencarian dilakukan dengan mengurutkan data input, kemudian membaginya menjadi dua bagian dan membandingkan data yang di tengah dengan kriteria yang diberikan. Berdasarkan hasil perbandingan dengan kriteria yang diberikan, algoritme mengeliminasi setengah data yang ada. Selanjutnya, proses membagi data yang tersisa menjadi dua bagian kembali dilakukan, membandingkan kriteria dengan data yang ada di posisi tengah, kemudian mengeliminasi setengah data sisanya. Proses ini dilakukan terus-menerus sampai data yang sesuai kriteria ditemukan. Algoritme biner bekerja lebih cepat dibandingkan dengan algoritme linear, hanya saja dapat digunakan pada data yang sudah diurutkan.

18. Jelaskan perbedaan pengurutan pilihan dan pengurutan penyisipan!

Jawab :

Algoritme pengurutan pilihan (selection sort) bekerja dengan cara mencari elemen yang paling kecil dalam array, kemudian memindahkan elemen tersebut ke posisi pertama di array. Selanjutnya, algoritme akan mencari elemen terkecil kedua dan menempatkannya di posisi array berikutnya. Sedankan algoritme pengurutan penyisipan (insertion sort) adalah algoritme yang melakukan proses pengurutan dengan cara menyisipkan elemen di antara elemen lain yang nilainya lebih kecil dan lebih besar daripada elemen yang disisipkan. Proses pengurutan dilakukan dengan cara mengambil elemen kedua, kemudian membandingkannya dengan elemen pertama. Jika elemen kedua lebih kecil daripada elemen pertama, elemen kedua akan disisipkan di depan elemen kedua. Jika sebaliknya, proses akan dilanjutkan ke elemen ketiga. Hal ini dilakukan seterusnya sampai semua elemen telah diurutkan dengan besar nilai yang sesuai.

19. Jelaskan bagaimana pencarian penggabungan dijalankan!

Jawab :

Algoritme pengurutan penggabungan bekerja dengan cara memecah kelompok data menjadi kelompok yang lebih kecil, melakukan pengurutan dalam kelompok-kelompok tersebut, kemudian menggabungkan kelompok-kelompok data yang telah diurutkan.

20. Jelaskan perbedaan dan persamaan konsep pengurutan penyisipan dan pengurutan cepat!

0 Comments:

Posting Komentar