Kamis, 18 Juli 2024

Mengenal Watercolour, Cat Air yang Populer dengan Sebutan Aquarel


Cat air adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan. Meskipun permukaannya bisa bervariasi, biassanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula papyrus, kulit, kain, kayu atau kanvas. 

Sejarah Cat Air

Dalam sejarahnya, lukisan Raffaello Santi disebut sebagai penemuan lukisan cat air tertua. Santi merupakan pelukis yang mendesain gambar-gambar kartun untuk gorden. Pada abad 15, Albrecht Durer dari Jerman adalah salah seorang tokoh pelukis yang menggunakan cat air. Sementara itu, Hans Bol adalah tokoh yang pertama kali membuka sekolah untuk lukisan cat air. Bol merupakan penggemar yang sangat terpengaruh oleh karya dari Durer. Pelukis cat air yang ternama lainnya adalah Thomas Gainsborough, van Dyck, dan juga John Constable. Di Inggris, nama Paul Sandby dikenal sebagai Bapak Lukisan Cat Air.

Raffaelo Sanzio/ Raffaelo Santi

Kelahiran : 1483, Urbino, Italia
Meninggal: 6 April 1520, Roma Italia
Periode : Renaisans, Renaisans Italia, Renaisans Tinggi
Seri : Kartun Raphael, Fresco di Dinding Stanze di Raffaelo, Potrait of Pope Julius II
Orang tua : Giovanni Santi, Magia di Battista di Nicola Ciarla

Saat ini banyak dijual di pasaran watercolour pencil, yakni sebuah pensil warna sekaligus cat air. Berikut adalah rekomendasi watercolour pencil dalam berbagai merek.

1. Watercolour Pencils Faber-Castell

2. Derwent Watercolour Pencil

3. Nusign Watercolour Pencil

4. Deli Watercolour Pencil

0 Comments:

Posting Komentar