Minggu, 21 Juli 2024

Kebutuhan Makhluk Hidup

 1. Kebutuhan Makanan

Makan adalah kebutuhan makhluk hidup. Kita memerlukan makan untuk meghasilkan tenaga. Bagaimana jika beberapa jam belum makan? Tentu perut akan terasa lapar. Selain itu badan akan terasa lemas. Apa kegunaan makanan bagi makhluk hidup?

Makanan berguna untuk membangun tubuh. Berdasakan fungsinya, makanan dibedakan menjadi 3. Berikut adalah fungsi makanan bagi makhluk hidup.

  • sebagai zat penghasil tenaga
  • sebagai zat pembangun tubuh
  • sebagai zat pengatur
Ada beberapa makanan sebagai penghasil tenaga. Makanan tersebut mengandung karbohidrat. Contohnya nasi, roti, jagung, dan ketela. Biasanya, makanan tersebut termaasuk makanan pokok. Makanan pokok memberikan rasa kenyang. Ada pula makanan sebagai pembangun dan pengatur. Contohnya buah, sayuran, ikan, tempe, dan sebagainya.

Tumbuhan dan hewaan juga memerlukan makan. Tumbuhan memerlukan makan untuk hidup. Tumbuhan berhijau daun membuat makanan sendiri. Untuk membuat makanan tumbuhan memerlukan gas. Yaitu gas karbon dioksida. Tumbuhan juga memerlukan air dan panas matahari. Zat hara dalam tanah juga diambil. Gas karbon dioksida, air, dan cahaya digunakan untuk proses fotosintesis.

Hewan juga butuh makan. Sebagian besar hewan memakan tumbuhan. Contohnya kerbau, sapi, kuda, dan sebagainya. Namun ada pula hewan pemakan daging. Contohnya singa, harimau, buaya, dan sebagainya.

2. Kebutuhan Udara

Semua makhluk hidup memerlukan udara. Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas adalah menghirup dan menghembuskan udara. 

Udara adalah campuraan beberapa gas, yaitu gas karbon dioksida, oksigen, dan nitrogen. Namun gas yang diperlukan adalah okdigen. Gas yang dikeluarkan adalah karbon dioksidda. Kapankan kita bernapas? Kita bernafas setiap saat. Jika tidak bernapas kita bisa mati. Mengapa manusia membutuhkan okdigen? Oksigen ddigunakan untuk pembakaran makanan dalam tubuh.

Pembakaran makanan dalam tubuh menghasilkan tenaga. Tenaga digunakan untuk kegiatan hidup. Misalnya berjalan, bekerja,a dan sekolah. Sisa pembakaran makanan berupa zat sisa. Zat sisa dikeluatkan dari tubuh.

Hal yang saama terjadi pada hewan. Semua hewan juga memerlukann udara. Hewan menggunakan udara untuk bernapas. Bernapas dilakukann setiap saat. Hewan tidak bisa hidup tanpa udara. 

Tumbuhan juga bernapas. Siang hari tumbuhan menghirup karbon dioksida. Karbon dioksida digunakan dalam proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan. Fotosintesis dilakukan pada tumbmuhan ber-klorofil. Klorofil dimiliki tumbuhan yang berhijau daun. Kegiatan fotosintesis menghasilkan makanan dan oksigen. namun malam hari tumbuhan menghirup oksigen. Maka waktu malam hari jangan duduk di bawah pohon. Kita bisa terganggu untuk bernapas. Karena malam hari tumbuhan juga menghirup okdigen. Itulah proses pernapasan tumbuhan.

3. Kebutuhan Air

Makhluk hidup memerlukan air. Air digunakan utuk kegiatannya. Bagaimana jika sehari kita tidak minum? Kita merasa haus, badan lemas. Di dalam tubuh air sangat berguna. Air berguna untuk melarutkan makanan. Makanan yang larut mudah diserap tubuh. 

Jadi kegunaan air bagi makhluk hidup adalah:
  • sebagaai pelarut zat makanan
  • untuk mengangkut sari makanan
Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan air. Bagaimana jika tubuh kekurangan air? Tubuh akan lemas dan tidak bertenaga. Oksigen dalam tubuh tidak bisa diangkut. Sari makanan dalam tubuh tidak terbawa. Zat makanan tidak terangkut ke seluruh tubuh. Tubuh akan mudah sakit. Apa lagi orang yang mudah berkeringat. Berkeringat adalah mengeluarkan cairan dalam tubuhnya. Orang yang mudah berkeringat harus banyak minum. Mengapa demikian? Tentu saja agar tubuh tidak kekurangan cairan. 

4. Kebutuhan Tempat Tinggal

Semua manusia di dunia ini memerlukan tempat tinggal. Begitu juga hewan. Tempat tinggal makhluk hidup berbeda-beda. Tempat tinggal hewaan disebut habitat. Ada yang hidup di darat. Misalnya, kambing, kucing, dan ayam. Ada yang hidup di air dan darat. Misalnya katak dan buaya. Sedangkan cacing hidup di tempat lembab. 

Tumbuhan membutuhkan tempat hidup. Ada yang hidup di darat. Misalnya bunga melati dan bunga mawar. Ada pula tumbuhan yang hidup di air. Misalnya bunga teratai dan enceng gondok. Ada tumbuhan yanag hidup menempel. Menempel pada tumbuhan lain. Misalnya tumbuhan benalu dan tali putri. 

0 Comments:

Posting Komentar