Sabtu, 20 Juli 2024

Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan

Manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan makanan. Makanan sangat berguna bagi manusia. Karena dengan makanan manusia dapat mempertahankan hidup. Setiap hari kita makan tiga kali, pagi, siang, dan sore. Makanan yang kita makan harus bergizi seimbang. Makanan tersebut mengandung zat yang diperlukan tubuh, yaitu zat karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Sumber makanan yang kita makan dapat kita peroleh dari hewan dan tumbuhan. Makanan yang berasal dari tumbuhan misalnya nasi, jagung, gandum, dan ubi. Makanan tersebut mengandung karbohidrat. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan tenaga.

Kedelai, kacang panjang, kacang hijau, telur, daging, dan keju merupakan makanan yang mengandung lemak. Protein dan lemak berguna bagi pertumbuhan tubuh. Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin. Zat ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Demikian halnya dengan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan memerlukan makan untuk hidup. Makanan manusia terbagi menjadi dua, yaitu makanan yang berasal dari hewan. Misalnya daging, telur, dan susu. Ada pula yang berasal ddari tumbuhan. Misalnya sayur-sayuran, buah, padi, dan sebagainya.

Tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Tumbuhan memiliki cara makan yang lain. Tidak seperti manusia dan hewan. Tumbuhan memiliki daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada daun tubuhan ddisebut klorofil. Tumbuhan berklorofil dapat membuat makanan sendiri. Tumbuhan menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Zat hara adalah campuran dari berbagai zat. Misalnya Natrium, Kalium, Karbon, dan sebagainya.

Zat hara dibutuhkan tumbuhan agar subur. Agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Tumbuha mengambil gas karbon dioksida dari udara. Air dan karbon dioksida diolah menjadi makanan. Tumbuhan membuat makanannya di daun dengan bantuan sinar matahari. Dari daun, makanan diedarkan ke sluruh tumbuh tumbuhan. Dengan demikian setiap bagian tubuh tumbuhan mendapatkan zat makanan.

2. Makhluk Hidup Dapat Bergerak

Semua makhluk hidup bisa bergerak. Karena ciri-ciri makhluk hidup dapat bergerak. Manusia dan hewaan dapat bergerak dengan berbagai cara. Manusia berjalann menggunakan kaki. Dengan kaki manusia dapat berpindah tempat. katak juga bergerak dengan menggunakan kaki. Ikan bergerak dengan menggunakan sirip. Burung terbang ke udara menggunakan sayap. Belut dan cacing bergerak dengan perut. Tiap makhluk hidup berbeda cara geraknya. 

Dapatkah tumbuhan bergerak? Tentu saja bisa. Gerakan tumbuhan bukan berpindah tempat. Bukan pula bergerak karena terkena angin. Atau bergerak karena didorong oleh manusia. Gerakan pada tumbuhan berbeda dengan gerakan pada hewan dan manusia. Petani dapat berjalan pergi ke sawah. Sedangkan pedagang juga dapat pergi ke pasar. Maka petani dan pedagang mengalami perpindahan tempat. Tumbuhan bergerak ketika mengalami proses pertumbuhan. 

3. Makhluk Hidup Bernapas

Bernapas adalah kegiatan menghirup dan menghembuskan udara. Semua makhluk hidup memerlukan udara. Udara digunakan untuk bernapas. Udara adalah benda yang berwujud gas. Gas untuk bernapas adalah oksigen. Saat bernapas kita mengambil oksigen. Lalu kita hembuskan gas karbon dioksida. gas karbon dioksida diserap oleh tumbuhan. Kegiatan itu terjadi pada siang hari. Karbon dioksidda digunakan untuk proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan.

Jika terlambat makan, maka badan akan lemas. Perut terasa lapar dan tidak enak. Namun kita masih bisa hidup. Tetapi jika kita tidak bernapas, apa yang akan terjadi? Jika tidak bernapas, kita bisa meninggal.

Setiap makhluk hidup memiliki alat pernapasan. Cara bernapasnya juga berbeda-beda. makhluk hidup sangat banyak jenisnya. Alat pernapasannya juga berlainan. Manusia bernapas menggunakan paru-paru. Paru-paru terletak di rongga dada. Ketika kita menghirup udara, okdigen masuk ke paru-paru. Oksigen masuk ke paru-paru melalui hidung. Ketika menghembuskan nafas, kita mengeluarkan gas karbon dioksida. Karbon dioksida dikelurakan tubuh melalui hidung.

Hewan memiliki alat pernapasan khusus. Ada hewaan bernapas dengan paru-paru. Contohnya kambing, sapi, kerbau, dan sebagainya. Ada hewan yang bernapas dengan insang. Contohnya adalah ikan. Sedangkan cacing bernapas dengan kulit. Katak dewaasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. 

Setiap makhluk hidup bernapas. Manusia setiap saat bernapas. Hewan dan tumbuhan juga bernapas. Tumbuhan bernapas melalui daun, batang, dan akar. Udara sapat masuk melalui mulut daun. Mulut daun juga disebut stomata. Udara masuk melalui lubang kecil pada kulit batang. Lubang kecil pada batang tumbuhan disebut lentisel. Melalui akar, udara dapat masuk dalam tubuh tumbuhan. Akar tersebut disebut akar napas.

4. Makhluk Hidup Dapat Tumbuh

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan diawali dari keil menjadi besar. Pertumbuhan diawali sedikit demi sedikit. manusia, hewan, dan tumbuhan dapat tumbuh. Mereka tumbuh dari kecil menjadi besar. 

Manusia tentu juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhannya ditandai dengan tambaahnya tinggi badan. Berat badan yang semakin bertambah. Bentuk fisik badan yang semakain berubah. Misalnya ketika masih kecil ukuran pakaian kecil. Namun setelah dewasa pakaian sudah tidak terpakai. 

5. Makhluk Hidup Berkembang Biak

Semua makhluk hidup berkembang biak. Artinya makhluk hidup memiliki keturunan, yaitu memiliki anak agar tidak punah. Itulah tujuana makhluk hidup berkembang biak. Pernahkah kamu melihat ayammengerami telur? Setelah dierami selama 21 hari telur menetas. Telur menjadi anak ayam yang banyak. Ayam bertelur adalah salah satu contoh perkembangbiakan. Dengan berkembang biak, makhluk hidup bertambah banyak. Cara hewaan berkembaang biak bermacam-macam. Ada hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Contohnya angsa, itik, dan burung. Ada juga hewan yang berkembang biak dengan melahirkan anak. Contohnya sapi, kambing, kerbau, dan kuda.

Tumbuhan juga berkembang biak. Cara berkembang biak tumbuhan berbeda-beda. Ada tumbuhann yang berkembang biak secara alami. Ada pula yang berkembang biak dengan buatan. Perkembangbiakan buatan contohnya cangkok dan stek. Padi berkembang biak dengan biji. Jahe dan kecur berkembang biak dengan tunas. Jambu dan mangga ddengan okulasi. Cangkok dilakukan pada tumbuhan tertentu. Contohnya rambutan, mangga, jeruk, jambu, dan sebagainya. Perkembangbiakan tumbuhan secara alami dengan biji dan tunas. Jagung berkembang biak dengan biji. Biji tumbuh menjadi sebatang pohon jagung. 

Pohon menjadi besar daan tinggi. Batangnya juga asemakin keras dan kuat. Setelah cukup besar, pohon berbunga. Setelah berbunga, pohon berbuah. Misalnya pohon mangga. dari buah mangga itulah dihasilkan biji. Biji jika ditanam akan tumbuh. Itulah perkembangbiakan tumbuhan dengan biji.

0 Comments:

Posting Komentar