Sabtu, 04 Mei 2024

Tingkatan Manajemen


Tingkatan manajemen dalam organisasi dibedakan dari tiga golongan yaitu sebagai berikut:

A. Top Manajement

Top manajement atau manajemen puncak merupakan level tertinggi dalam tingkatan manajemen. Top manajemen bertanggung jawab atas semua kebijakan, strategi, dan jalannya suatu perusahaan. Dalam kegiatannya, top manajemen akan lebih banyak menggunakan kerja otak daripada kerja fisik. Adapun tugas top manajemen diantaranya yaitu menyusun visi misi perusahaan, menyusun visi misi perusahaan, menyusun kebijakan dan strateginya, dan menjalin hubungan dengan pihak diluar perusahan. Contohnya yaitu: general manager, CEO (Chief Executive Officer), presiden direksi, dan dewan direksi.

B. Middle Management

Middle manajement atau manajemen menengah bertanggung jawab terhadap manajemen puncak. Dalam kegiatannya, tingkatan manajemen ini akan menggunakan kerja otak dan kerja fisik secara seimbang. Tugasnya antara lain mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sudah disusun sebelumnya. Contohnya yaitu: kepala departemen dan manajer cabang.

C. Lower Management

Lower management adalah tingkatan yang paling bawah dalam suatu organisasi. Dalam kegiatannya, level manajemen ini akan lebih banyak menggunakan kerja fisik dibandingkan dengan kerja otak. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh lower management yaitu melakukann pengambilan keputusan, mengkomunikasikan rencana, memotivasi karyawan, dan menetapkan prestasi yang layak diterima oleh karyawan. Contohnya yaitu: mandor, supervisor, dan kepala seksi.

0 Comments:

Posting Komentar