Minggu, 05 Mei 2024

Pendapatan Nasional

Pada bab sebelumnya, kalian telah mempelajari materi badan usaha. Adanya kegiatan badan usaha, akan memengaruhi pendapatan nasional suatu negara. Salah satu orientasi badan usaha adalah untuk mencari keuntungan. Semakin tinggi keuntungan yang diperoleh suatu badan usaha, maka akan semakin besar kontribusinya terhadap pendapatan nasional. Selain kontribusi dari laba atau keuntungan, jumlah barang atau produk yaang dihasilkan juga akan berkontribusi terhadap pendapatan nasional.

Berdasarkan pendekatan pengeluaran, investasi yang banyak dilakukan oleh usaha swaasta juga berkontribusi terhadap perhitungan pendapatan nasional suatu negara. Pada bab ini, kalian akan mempelajari konsep pendapatan nasional dan komponen yang termasuk ke dalam metode perhitungannya.

Perhatikanlah lingkungan di sekitar kalian, terdapat banyak pelaku ekonomi, baik itu konsumen, produsen, pemerintah, maupun pelaku ekonomi dari luar negeri. Setiap pelaku ekonomi tentu memiliki pendapatan dan pengeluaran saat melakukan kegiatan ekonomi. Menurut kalian, apakah pendapatan dan pengeluaran tersebut hanya dirasakan dan dihitung oleh masing-masing pelaku ekonomi tersebut?

Tentu kalian juga bertanya, apakah negara memiliki pendapatan juga? Dari mana sumber pendapatan negara tersebut? Apakah penerimaan dan pengeluaran dari para pelaku ekonomi akan berdampak pada pendapatan negara tersebut? Jawabannya adalah tentu saja berdampak. Penerimaan dan pengeluaran yang bersumber dari pelaku ekonomi tersebut akan dipeerhitungkan sebagai pendapatan nasional suatu negara.

Pendapatan nasional adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh masyarakat suatu negara dalam satu peeriode waktu tertentu. Dengan kata lain, pendapatan nasional adalah nilai bersih dari semua kegiatan ekonomi suatu negara selama kurun waktu satu tahun yang diukur menggunakan satuan mata uang tertentu. Pendapatan nasional sering disebut juga dengan output nasional atau pengeluaran nasional. Kalian dapat memahami konsep tersebut apabila kalian telah memahami definisi pendapatan nasional. Pendapatan nasional juga dapat dimaknai sebagai jumlah pendapatan yang diperoleh suatu negara dari kegiatan ekonomi dalam waktu satu tahun. Jumlah ini termasuk pembayaran yang dilakukan untuk semua sumber daya baik dalam bentuk upah, bunga, sewa, dan keutungan.


0 Comments:

Posting Komentar