Senin, 13 Mei 2024

Indeks Harga

1. Konsep Perubahan Harga

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), harga merupakan nilai barang yang ditentukan dengan uang. Dalam kegiatan ekonomi, harga suatu barang akan mengalami perubahan. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi perubahan harga, antara lain:

a. Perubahan permintaan konsumen,

b. Perubahan pendapatan konsumen,

c. Perubahan biaya produksi

Untuk mengetahui perubahan harga barang atau melihat perbandingan harga barang dari waktu ke waktu, kalian dapat menghitungnya dengan menggunakan indeks relatif harga. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

(masukan rumus)

2. Konsep Indeks Harga

Pernahkah kalian melihat harga barang-barang yang selalu mengalami perubahan harga? Apa jenis barang di lingkungan kalian yang sering mengalami perubahan harga? Secara statistik, perubahan harga barang dapat dikur dan dihitung dengan menggunakan indeks harga.

Indeks harga merupakan sebuah rataan dari perubahan harga yang proporsional pada suatu barang atau jasa tertentu antara dua periode waktu. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), indeks harga merupakan suatu ukuran statistik untuk menyatakan perubahan-perubahan harga yang terjadi pada suatu periode ke periode yang lainnya.

Indeks harga sangat diperlukan untuk mengetahui peerubahan kondisi ekonomi suatu negara. Salah satu indeks harga yang sering dijadikan indikator inflasi adalah indeks harga konsumen. 

Menurut The Classification of Individual Consumption by Purpose (COICOP), indeks harga konsumen dikeoompokkan dalam 7 kelompok pengeluaran yang terdiri dari:

a. Bahan makanan

b. Makanan jadi, minuman, dan tembakau

c. Perumahan

d. Sandang

e. Kesehatan

f. Pendidikan dan olahraga

g. Transportasi dan Komunikasi

3. Fungsi Perhitungan Indeks Harga

Adapun manfaat dari perhitungan indeks adalah:

a. Mengetahui perubahan harga dari sekelompok tetap barang dan jaasa yang pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat.

b. Indneks harga konsumen memungkinkan konsumen untuk menentukan perubahan harga terhadap daya beli.

c. Perubahan indeks harga konsumen dapat dijadikan sebagai indikator terjadinya inflasi dan deflaasi.

d. Menentukan target inflasi

e. Menghitung indeks biaya hidup

4. Menghitung Indeks Harga

Inddeks harga bisa dihitung menggunakan beberapa metode, diantaranya yaitu:

a. Metode tidak tertimbang (agregatif sederhana)

Dalam metode agregatif sederhana, semua barang dianggap sama dan dijumlahkan secara agregatif (keseluruhan) baik untuk tahun dasar maupun tahun yang akan dihitung angka indeksnya. Dengan kata lain, indeks agregatif sederhan menunjukan perbandingan harga atau produksi dari sekelompok jenis barang. Angka indeks dengan metode sederhana dirumuskan sebagai berikut:

(masukan rumus)

b. Metode tertimbang

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tahun dasar untuk perhitungan indeks harga, diantaranya yaitu:

  • Pada tahun tersebut, kondisi perekonomian suatu negara sedang stabil. Artinya tingkat inflassi berada dalam kondisi rendah.
  • Jarak antar tahun tidak terlalu jauh. Misalnya ketika akan menghitung indeks harga 2020, tahun dasar (based year) yang digunakan hendaklah dalam rentang waktu 5 sampai 10 tahun terakhir.
  • Penentuan tahun dasar (based year) juga bisa diambil berdasarkan peristiwa penting seperti adanya pergantian pemimpin.

0 Comments:

Posting Komentar