Rabu, 15 Mei 2024

Dampak Inflasi

Perekonomiann suatu negara pada dasarnya massih membutuhkan inflasi dalam tingkat yang wajar sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tingkat inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh sebab itu, inflasi sangat penting untuk dikendalikan sebab tingkat inflasi yang tinggi dan berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi masyarakat dan dapat merusak perekonomian suatu negara dalam jangka panjang. Adapun dampak inflasi secara umum diantaranya:

  1. Turunnya nilai mata uang
  2. Turunnya pendapatan riil masyarakat ssehingga standar hidup masyarakat juga mengalami penurunan
  3. Ketidakpastian bagi pelaku usaha
  4. Menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, produksi, dan distribusi sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi.
  5. Selain memberikan dampak umum, inflassi juga bisa membeerikan dampak khusus. Pada tingkat inflasi tinggi, inflasi akan membeerikan pengaruh yang sngat buruk bagi perekonomian. Namun pada tingkat inflasi tertentu, inflassi dapat menguntungkan beberapa pihak dengan syarat tingkat inflasi pada kategori ringan. Adapun pihak yang bisa diuntungkan maupun dirugikan oleh inflasi antara lain:
    1. Penabung
    2. Pemberi pinajaman (kreditur)
    3. Pemilik pendapatan tetap
    4. Produsen

0 Comments:

Posting Komentar