Selasa, 02 April 2024

Tahapan Proyek

Ketika dijalankan proyek mempunyai lima tahapan sebagai berikut.

A. Tahap Inisiasi

Tahap pertama dalam sebuah proyek adalah tahap inisiasi. Pada tahap ini, ide abstrak diterjemahkan menjadi tujuan. Sebagai contoh, sekolah kamu ingin mempunyai ide untuk memberikan layanan koneksi internet untuk semua peserta didik. Ide untuk memberikan "layanan koneksi internet" ini dapat diterjemahkan menjadi berbagai caraa dan berbagai kemungkinan. Dari berbagai kemungkinan tersebut akan dipilih mana yang paling memberikan hasil yang baik dengan biaya yang dapat diterima. Pada tahap inisiasi, ide "layanan koneksi internet" tersebut diterjemahkan menjadi membangun jaringan WiFi di seluruh lingkungan sekolah. Keinginan untuk membangun jaringan WiFi menjadi suatu proyek. Selanjutnya, akan dilakukan proses untuk menentukan tujuan proyek, diapa yang menjadi manajer proyek, berapa biaya yang dibutuhkan, kapa waktu proyek dimulai dan diakhiri, siapa yang membiayai proyek, dan siapa saja yang akan menjadi pemangku kepentingan (stakeholder) dari proyek tersebut dan ditentukan juga peran masing-masing stakeholder tersebut.

B. Tahap Perencanaan

Tahap kedua dari proyek adalah tahap perencanaan. Pada tahap ini ditentukan pekerjaan utama dari suatu proyek, pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, kebutuhan teknis yang harus disediakan, menentukan jadwal pengerjaan proyek secara detail, membuat rencana komunikasi, dan menentukan tujuan dan hasil dari setiap pekerjaan. 

C. Tahap Eksekusi

Tahap eksekusi adalah tahap di mana tim proyek melakukan pekerjaan yang nyata untuk menyelesaikan proyek pada tahap ini, tim proyek perlu bekerja dengan alur kerja yang efisien. Manajer proyek perlu memonitor kemajuan tiap pekerjaan yang dilakukan oleh masing-masing tim proyek. Pada tahap ini juga, manajer proyek perlu menjaga kolaborasi yang baik antara sesama anggota tim proyek dan dengan stakeholder yang terlibat.

D. Tahap Pemantauan dan Pengendalian

Tahap keempat dalam proyek adalah tahapan pemantauan dan pengendalian. Perlu diingat bahwa tahap keempat tidak dikerjakan secara berurutan dengan tahap ketiga, melainkan dilakukan secara simultan. Tahap pemantauan dan pengendalian dilakukan untuk memastikan tujuan dan hasil pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan.

Tahapan pengendalian juga dilakukan untuk memantau dan mengendalikan usaha dan biaya yang dikeluarkan selama pengerjaan proyek.

E. Tahap Penutupan dan Evaluasi

Tahap terakhit dari proyek adalah tahap penutupan dan evaluasi. Tahap ini mengindikasikan tahap akhir dari suatu proyek dengan parameter hasil akhir yang menjadi tujuan proyek. Pada tahap ini dilakukan evaluasi dan refleksi bagi anggota tim mengenai hasil proyek yang telah dikerjakan.

0 Comments:

Posting Komentar