Rabu, 03 April 2024

Berpikir Algortime

Salah satu pilar dari berpikir komputasional aadalah berpikir algoritme. Algoritme adalah rencana atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memeccahkan masalah. Ketika komputer ingin digunakan untuk menyelesaaikan atau mengerjakan sesuatu, kita harus membuata algoritme proses yang harus dijalankan oleh komputer, langkah demi langkah, agar pekerjaan atau masalah yang diberikan dapat diselesaikan.

Ketika bekerja untuk membuat algoritme, Anda harus memikirkan proses langkah demi langkah apa saja yang akan dijalankan, kondisi yang harus dipenuhi oleh setiap proses, apa yang akan menjadi indikator sebuah proses sudah selessai, dan juga memikirkan alternatif-alternatif yang dapat dipilih pada setiap proses. Dengan demikian, keetika algoritme dijalankan hasil akhir dari proses sudah dapat diperkirakan dengan tepat.

Ada dua cara untuk menuliskan algoritem, yaitu menggunakan pseudocode atau flowchart. Psedocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan. Pseudocode bukanlah sintaks program dan tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu. Adapun flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi. Flowchart umumnya menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda.

Meskipun algoritme digunakan ketika Anda bekerja dengan komputer, konsep berpikir algoritme dapat diterapkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah yang ada dapat dianalisis, kemudian dibuat langkah-langkah logis untuk menyelesaikannya. Dengan demikian, algoritme yang dibuat dapat membantu orang lain menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang sama. Sebagai contoh, kita dapat membuat algoritme untuk menanam benih jagung, memasak steak, memasak nasi goreng, memperbaiki komputer yang rusak, dan sebagainya.

0 Comments:

Posting Komentar