Sabtu, 06 April 2024

Abstraksi (Abstraction)

Dalam pemrograman, teknik abstraksi digunakan untuk menyembunyikan data atau informasi mengenai sebuah objek dari akses objek yang lain. Dengan metode ini, data yang diakses oleh orang lain hanyalah data yang relevan bagi orang tersebut. Hal ini dilakukan dengan dua alasan, yaitu kemudahan atau penyederhanaan dan alasan keamanan. Dengan hanya mengakses data atau informasi yang relevan, karakteristik objek menjadi tampak lebih sederhana dan lebih  mudah untuk ditangani. Di lain pihak, data lain yang disembunyikan tidak perlu diketahui karena tidak relevan dengan orang yang bersangkutan.

Dalam dunia nyata, metode abstraksi memungknkan kita untuk dokus pada hal-hal yang relevan dengan persoalan yang sedang dihadapi, sedangkan hal-hal lain tidak perlu diketahui atau dipertimbangkan sehingga dapat diabaikan. Jadi, persoalan yang dihadapi menjadi lebih fokus dan terlihat lebih sederhana.

Metode abstraaksi dapat digunakkan untuk semua bidang. Beberapa daata dari sebuaah karakteristik, kejadian, dan fenomena adihilangkan atau diabaikan untuk fokus pada data yang tersisa, kemudian berdaasarkana hasil abstraksi tersebut data dibangun pola.

Pada beberapa kasus, abstraksi dilakukan untuk membangun pola, sedangkan data, karakteristik, kejadian, atau fenomena ditambahkan untuk dipelajari sebagai anomali. Selanjutnya, berdasarkan anomali tersebut, diambil simpulan. Sebagai contoh, pada kasus investigasi kejahatan, prakiraan cuaca, atau bencana, beberapa data dihilangkan untuk membangun pola. Berdasarkan pola yang sudah ada, data yang dihilangkan tersebut dipelajari sebagai keganjilan dan memerlukan investigasi khusus. Banyak kasus yang akhirnya terungkap melalui teknik tesebut. Berdasarkan panggilan telepon yang gaanjil, pola perjalanan yang tidak biasa, dan transfer uang yang tidak lazim; dapat mengungkapkan kasus-kasus kriminal atau kejahatan. Adapun pada kasus prakiraan cuaca, arah gerakan angin, arus panas, arus laut, dan curah hujan yang tidak lazim dapat memprediksi adanya badai topan yang mendekat. 

0 Comments:

Posting Komentar