Sabtu, 16 Maret 2024

Yuk Kenali Jenis-jenis Beasiswa Baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri

1. Beasiswa Akademis

    Beasiswa yang menanggung biaya kuliah pelajar dan mahasiswa. Beasiswa jenis ini bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Faktor penentu untuk menilai apakah seorang mahasiswa layak memperoleh beasiswa jenis ini adalah beberapa hal seperti prestasi akademik, atau kontribusi yang telah diberikan pelajar terhadap komunitas lokal.

2. Sport Scholarship atau Beasiswa Olahraga

    Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang memiliki keahlian olahraga yang luar biasa. Di Amerika, beasiswa ini sangat umum, di mana olahraga universitas sangatlah popular dan dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat besar melalui penjualan tiket, souvenir, dan lain-lain. Namun, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini harus tetap menjaga atau mempertahankan nilai akademis mereka dengan batas tertenu. Jika berada di bawah wajar, tentu saja beasiswa mereka bisa dihentikan.

3. Dermasiswa

    Dermasiswa ini kalau di Indonesia sering disebut sebagai beasiswa. Perbedaan sebenarnya adalah kalau beasiswa jenis ini penilaiannya berdasarkan kebutuhan atau finansial mahasiswa yang memang tidak cukup jika harus membayar biaya kuliah yang besar. Dermasiswa atau bursary adalah bantuan keuangan yang diberikan oleh institusi atau kelompok akademis lain untuk membantu pendidikan mahasiswa. Di Inggris, sebutan bursary sering digunakan daripada scholarship.

4. Fellowship

    Fellowship adalah bantuan dana bagi mahasiswa berprestassi untuk melakukan penelitian di suatu institusi. Untuk mendappatkan fellowship ini, mahasiswa harus mengajukan tesis mereka, apa yang ingin mereka pelajari dan mengapa penelitian tersebut berguna bagi bidang studi tersebut. Biasanya beasiswa jenis ini diperuntukkan untuk mahasiswa Ph.D.

5. Grant

    Grant adalah sejenis beasiswa berupa bantuan dana finansial baik dari perusahaan negeri maupun pmerintah bagi mahasiswa, hanya saja, akan dibayarkan kembali oleh mahasiswa penerima grant kepada kepala badan yang memberikan begitu mereka lulus kuliah. Meski demikian, ada beberapa grant yang  memang diberikan secara cuma-cuma.

    Grant kadang juga diberikan oleh perusahaan dengan syarat mahasiswa tersebut nantinya akan bergabung dengan perusahaan tersebut setelah lulus kuliah.

6. Pinjaman

    Pinjaman atau loan adalah bantuan finansial berupa pinjaman untuk membiayai kuliah umum, biasanya ini di luar negeri. Biasanya tidak diberikan kepada mahasiswa internasional, tetapi kalaupun ada harus ada pinjaman dari mahasiswa senior lain.

    Sama seperi pinjaman bank biasa, pinjaman ini harus dikembalikan dengan cara dicicil beserta bunga pada saat lulus kuliah.

7. Beasiswa Bidik Misi

    Bidik Misi merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi namun tidak mampu secara finansial yang nantinya bila mendapat beasiswa Bidik Misi semua biaya sekolah akan di tanggung oleh pemerintah.

8. Beasiswa Unggulan

    Beasiswa unggulan merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang telah menamatkan sarjana kemudian ingin melanjutkan S2 dan S3. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi sekaligus ingin menjadi tenaga pengajar atau dosen. Beasiswa ini tak hanya mencakup dalam negeri saja melainkan luar negeri juga.

9. Beasiswa Swasta

    Beasiswa swasta adalah beasiswa yang diadakan oleh pihak yang bersifat nonpemerintah atau pihak-pihak swasta. Beasiswa seperti ini biasa diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang memiliki investasi yang besar untuk memberikan beasiswa kepada para pengajar.

0 Comments:

Posting Komentar