Kamis, 21 Maret 2024

Solusi Mengatasi Pemanasan Global

Pemabahasan sebelumnya mengenai dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global memberikan gambaran kepada kita tentang permasalahan yang akan terjadi atau sudah terjadi, tetapi belum kita sadari.Oleh karena itu, berikut beberapa tindakan mitigasi yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak dari pemanasan global.

  1. Mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sumber makanan nabati. Hal tersebut karena pola konsumsi daging untuk setiap orang per tahunnya menyumbang 6.700 kg CO2 menurut United Nations Environment Programme (UNEP).
  2. Penanaman hutan kembali atau reboisassi, karena hutan memiliki fungsi vital bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di dunia.
  3. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum. Jika jarak tempat yang ingin dikunjungi tidak terlalu jauh, Anda dapat berjala kaki atau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Selain mengurangi polusi udara, hal tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.
  4. Menghemat energi. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam menghemat energi, seperti mematikan lampu pada siang hari, menggunakan lampu hemat energi, atau mematikan alat elektronik yang sudah tidak digunakan. Bahkan, kita dapat memulai untuk menggunakan sumber energi alternatif (angin, Matahari, air, dan lainnya).
  5. Mengurangi pennggunaan plastik, seperti sedotan plastik, air minum dalam kemasan palstik, dan kantong plasstik. Selalu sediakan tas belanja jika bepergian agar mengurangi kantong plastik saat berbelanja.
  6. Melakukan pengelolaan sampah yang benar. Pengelolaan sampah yang dimaksud meliputi pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, hingga pendaur ulang. Hal sederhana yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam pengelolaan sampah adalah dengan memisahkan sampah berdaasarkan jenisnya.
  7. Melakukan aksi menjaga alam dan lingkungan kepada keleuarga, teman, kerabat, atau masyarakat luas, misal dengan memberikan pengetahuan untuk menjaga alam. Selain itu, Anda juga dapat ikut serta dalam komunitass menjaga Bumi.

0 Comments:

Posting Komentar