Kamis, 21 Maret 2024

Punahnya Flora dan Fauna

Dampak pemanasan global terhadap makhluk hidup, khsuusnya flora daan fauna, yaitu dapat menyebabkan kepunahan spesies. Hal tersbut disebabkan rusaknya keseimbangan ekosistem akibat perubahan iklim. Flora dan dauna akan kehilangan habitat aslinya. Jika tidak mampu beradaptasi untuk hidup, risiko kepunahan flora dan fauna pun akan terjadi.

Lingkungan pegunungan es merupakan lingkungan yang sangat sensitif terhadaap peningkatan suhu permukaan Bumi. tanaman yang berada di lingkungan tersebut, akan kehilangan ruang untuk bertumbuh akibat mencairnya glester. Jika tanaman tidak dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berubah, tanaman tersebut akan lebih rentan menegalami kepunahan. 

Salah satu contoh kasusnya, yaitu flora yang terancam punah di Pegunungan Alpen, Eropa. Akibat mencairnya gletser Pegunungan Alpen, para ahli memprediksi terdapat 22% spesies yang diteliti akan punah 150 tahun lagi setelah gletser menghilang. Beberapa contoh tanaman endemik yang terancam punah di Pegunungan Alpen, antara lain Mossy saaxifraga, Saxifraga oppositifolia, dan Cardaamine resedifolia.

0 Comments:

Posting Komentar