Kamis, 21 Maret 2024

Perubahan Iklim - Dampak Pemanasan Global

Perubahan iklim merupakan perubahan pola perilaku iklim yang meliputi perubahan tekanan udara, curah hujan, dan arah serta kecepatan angin. Perubahan iklim dapat terjadi secara alami dalam waktu relatif panjang. Namun, dengan adanya kenaikan suhu Bumi, dapat mengubah sistem iklim yang berdaampak luas bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi. Contohnya pada daerah subtropis, salju yang menyelimuti pegunungan akan cepat mencair. Selain itu, musim tanam akan menjadi lebih panjang serta suhu pada musim dingin dan malam hari akan cenderung meningkat. Sementara pada daerah tropis, udara akan menjadi lebih lembab karena lebih banyak air yang menguap dari lautan. Dengan kelembapan yang semakin tinggi, curah hujan juga akan semakin tinggi.

Selain itu, pola cuaca menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrem. Dampaknya, akan timbul bencana alam, seperti banjir, longkos, badai, dan kekeringan. hal ini tentunya dapat merugikan kehidupan manusia, salah satunya pada bidang pertanian. Musim hujan yang berkepanjangan akan menimbulkan banjir, akibatnya tanaman menjadi busuk atau rusak. Sebaliknya, musim kemarau yang berkepanjangan akan merusak tanah dan tanaman menjadi kering. Dua kondisi tersebut tentu merugikan bagi para petani, yaitu terancam gagal panen.

Dampak lainnya dari perubahan iklim adalah gangguan ekosistem dengan punahnya beberapa spesies, perubahan siklus hidup flora dan fauna, serta peningkatan keasaman air laut.

0 Comments:

Posting Komentar