Senin, 18 Maret 2024

Peran Fisika dalam Kehidupan

Fisik merupakan salah satu cabang sains yang mempelajari sifat-sifat materi beserta interaksi antara materinya. Ilmu fisika terbentuk berdasarkan fakta bukan berdasarkan pendapat atau opini dimana fakta-fakta trsebut didapatkan dari hasil data penelitian. Oleh karena eratnya hubungan ilmu fisika dengan kehidupan manusia, banyak sekali penerapan dari ilmu fisika yang baik kita sadari ataupun tidak telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk penerapan teknologi. 

Apakah Anda tahu manfaat mempelajari fisika? salah satu manfaat mempelajari ilmu fisika adalah dapat mempermudah pekerjaan manusia dengan adanya alat-alat canggih. Alat-alat itu merupakan hasil penerapan ilmu fisika yang diimplementasikan dalam teknologi canggih.

Salah satu pembahasan mendasar dalam fisika yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan adalah pengukuran. Hal tersebut karena objek fisika yang didapatkan dari data hasil penelitian diamati oleh para ilmuwan adalah nyata, yaitu teramati oleh indera dan dapat terukur. Kegiatan pengukuran berarti membandingkan besaran objek yang tidak diketahui ukurannya dengan besaran objek lain yang telah diketahui ukuran dan dijadikan acuan.

Kegiatan pengukuran banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari karena kegiatan ini telah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun bidang profesinya dan apapun kepentingannya. Sebagai contoh, pada aktivitas jual beli yang dilakukan di pasar, seberapa banyak sayur yang dieli diukur dengan menggunakan timbangan. Berikut beberaa contoh kegiatan pengukuran yang tanpa disadari telah kita lakukan atau sering kita amati dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bidang kesehatan, kita menemukan dokter mengukur dosis obat yang tepat untuk diberikan kepada pasien, pengukuran suhu badan menggunakan termometer dan pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter. Jika terjadi kesalahan pengukuran, dapat membahayakan nyawa pasiennya. Selain itu, seorang ahli gizi perlu memperhitungkan jumlah kalori yang harus dikonsumsi pasienna agar dapat melakukan diet dengan aman dan sehat. Dengan demikian, nutrisi yang dikonsumsi pasien dapat tetap terjaga meskipun sedang menjalankan program diet. 

Pada bidang logistik, contoh kegiatan pengukuran dapat kita temukan ketika ingin mengirimkan barang. Pihak ekspedisi harus menghitung massa dan volum dari barang yang akan dikirim serta menghitung jarak tempuh pengiriman barang. Hal tersebut untuk mengetahui biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen. Jika terdapat kendaraan, dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas sehingga diperhitungkan dengan baik.


0 Comments:

Posting Komentar