Selasa, 19 Maret 2024

Pengukuran Besaran dan Satuan

Dalam ilmu Fisika dan teknologi selalu dilakukan pengukuran besaran fisis, seperti panjang, massa, waktu, jarak, kecepatan, kuat arus listik, dan tegangan listik. Pengukuran besaran fisis merupakan pembandingan besaran tersebut dengan besaran serupa yang telah didefinisikan secara tepat. Misalnya, ketebalan sebuah buku dapat diukur dengan membandingkan tebal buku dengan jarak antara dua hgaris yang berdekatan pada mistar sebesar 1 mm. Jika angka pembanding yang diperoleh 15, artinya tebal buku = 15 x 1 mm = 15 mm. Jadi, komponen hasil suatu pengukuran ada dua, yaitu nilai pembanding dan satuan yang digunakan.

Dalam setiap pengukuran selalu terjadi ketidakpastian nilai yang didapatkan, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut.

1. Nilai skala terkecil, pada setiap alat ukur selalu terdapat nilai skala terkecil. Misalnya, nilai skala terkecil dari mistar adalah 1 mm, maka besaran panjang yang kurang dari 1 mm tidak dapat ditentukan secara pasti.

2. Ketidakpastian sistem pengukuran adalah sebagai berikut.

    a. Kesalahan kalibrasi (pemberian nilai skala ketika alat dibuat ternyata kurang tepat).

    b. Kesalahan titik nol (sebelum alat digunakan ternyata tidak menunjukkan angka nol atau jarum tidak kembali ke titik nol ketika diatur ulang).

    c. Kelelahan alat (neraca pegas menjadi tidak akurat karena setelah lama digunakan, pegas tidak dapat kembalil ke bentuk semula).

    d. Kesalahan paralaks (kesalahan arah pandang) dalam membaca skala.

3. Ketidakpastian acak, dalam pengukuran ektidakpastian acak adalah sebagai berikut.

    a. Gerak Brown molekul udara mengganggu penunjukan jarum alat yang snagat halus dan berbasis mikroskopik.

    b. Fluktuasi tegangan jarigan listrik dapat mengganggu alat-alat listrik.

    c. Noice (gangguan bising) dari alat-alat elektronik.

4. Keterbatasan keterampilan pengamat, peralatan yang semakin canggih dan kompleks seperti mikroskop elektron, osiloskop, spektrometer, pencacah partikel menuntut, keterampilan yang lebih dari pengguna atau pengamat.

0 Comments:

Posting Komentar