Jumat, 22 Maret 2024

Energi

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi memiliki peran penting dalam kehidupan makhluk hidup karena hampir semua aktivitas manusia, hewaa, dan tumbuhan memerlukan energi. Misalnya, tumbuhan memerlukan energi Matahari untuk fotosintesis, aktivitas sehari-hari yang kita lakukan seperti berjalan, bekerja, dan belajar memerlukan energi yang berasal dari makanan atau berbagai alat elektronik yang ada di rumah kita dapat difungsikan jika ada energi.

Selain itu, energi juga didefinisikan sebagai suatu hal yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, Namun, energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk energi lain. Adapun bentuk-bentuk dari energi, di antaranya energi potensial, energi kinetik, energi kalor, energi bunyi, energi cahaya, energi kimia, dan energi yang dihasilkan dari sumber energi, seprti energi Matahari, energi air, energi panas bumi, dan energi fosil.

Suatu energi dapat diperoleh dari sumber energi. Sumber energi merupakan segala sesuaatu yang dapat menghasilkan energi. Dengan adanya sumber energi, semua aktivitas dalam kehidupan manusia dapat dilakukan. Sumber energi dapat diklasifikasikan berdasarka pemakaiannya, yaitu energi primer dan energi sekunder.

1. Energi Primer

Energi primer merupakan energi yang berasalh dari sumber energi di alam tanpa mengalami perubahan energi. Contoh dari sumber energi primer, diantaranya batu bara, nuklir, minyak bumi, angin, air, dan Matahari.

2. Energi Sekunder

Energi sekunder adalah energi yang berasal dari sumber energi primer. Dengan kata lain, energi sekunder merupakan eneergi primer yang sudah mengalami proses tertentu. Contoh dari energi sekunder adalah listrik yang dihasilkand ari peembangkit listrik.

 

0 Comments:

Posting Komentar