Senin, 26 Februari 2024

Penyebab Pemanasan Global


Dalam kehidupan manusia, berbagai kegiatan dapat dilakukan mulai dari kegiatan sehari-hari hingga kegiatan proses industri. Tanpa kita sadari, kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi ligkungan. Salah satunya, meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca yang mengakibatkan suhu rata-rata di permukaan Bumi juga meningkat. 

Hal tersebut selaras dengan pernyataan yang dinyatakan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) bahwwa peningkatan suhu rata-rata di permukaan Bumi disebabkan meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer Bumi akibat aktivitas manusia. Adapun gas rumah kaca yang dimaksud adalah karbon dioksida (CO2), uap air (H2O), metana (CH4), klorofluorokarbon (CFC), dinitrogen oksida (N2O) dan ozon (O3). Gas-gas tersebut paling banyak dihasilkan dari kegiatan industri dan juga penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak. Namun, secara alami, gas rumah kaca juga dihasilkan dari sumber penguapan dan erupsi gunung vulkanik yang aktif.

Dengan adanya gas-gas rumah kaca di atmosfer yang melebihi batas normal, sebagian panas yang seharusnya dipantulkan permukaan Bumi terperangkap oleh gas-gas tersebut. Proses inni terjadi berulang sehingga suhu Bumi terus meningkat. Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah efek rumah kaca. Namun, dalam konsentrasi seimbang, efek rumah kaca memiliki peran penting dalam melindungi makhluk hidup di Bumi, yaitu sebagai penghangat. Tanpa adanya efek rumah kaca, Bumi akan diselimuti es dengan suhu mencapai -18 derajat celcius. 

0 Comments:

Posting Komentar