Senin, 26 Februari 2024

Penggunaan Klorofluorokarbon (CFC) dalam Kehidupan Sehari-hari

Klorofluorokarbon atau CFC merupakan senyawa kimia yang terdiri atas atom karbon, klorin, dan fluorin. Gas CFC digunakan untuk berbagai kebutuhan peralatan rumah tangga, yaitu pada alat-alat pendingin, seperti kulkas dan pendingin ruangann atau AC sebagai refrigeran. Selain itu penggunaan gas CFC juga dapat dijumpai pada bahan rumah tangga yang dikemas dalam botol aerosol, seperti parfum, pewangi ruangan, pembassmi nyamuk, dan hair spray.

Gas CFC termasuk senyawa kimia yang stabil dan tidak musah diuraikan. Hal ini menyebabkan gas CFC dapat mencapai kelapisan straatosfer di mana pada lapisan ini terdapat ozon. Ozon (O3) merupakan molekul yang terdiri aras tiga atom oksigen yang berbentuk gas pada suhu kamar. Ozon memiliki kemampuan untuk menyerap radiasii sinar UV yang dipancarkan oleh Matahari. Dengan demikian, lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung Bumi dari radiasi sinar ultraviolet (UV) terutama UV-B yang berbahaya bagi makhluk hidup di Bumi.

Pada lapisan stratosfer, gass CFC dipecah oleh radiasi sinar UV, kemudian terurai dan melepaskan atom-atom klorin. Setelah itu, atom klorin bereaksi dengan ozon yang berlangsung secara terus-menerus. Akibatnya, terjadai penipisan lapisan ozon bahkan terjadi lubang ozon. Hal tersebut yang menyebabkan peningkatan paparan radiasi sinar UV yang masuk ke permukaan Bumi. Adanya peningkatan radiassi sianr UV menimbulkan massalah pada kesehatan manusia, antara lain kerusakan pada jaringan kulit, seperti kanker kulit dan kerusaka pada mata, seperti katarak.

0 Comments:

Posting Komentar