Rabu, 28 Februari 2024

Fisika Sebagai Sikap


Pemikiran dan argumentasi para ilmuwan dalam bekerja menjadi rambu-rambu penting yang berkaitan dengan hakikat fisika, yaitu fisika sebagai sikap (a way of thinking). Pemikiran para ilmuwan sains termasuk fisika, dipandang sebagai kegiatan kreatif karena ide-ide dan penjelasan dari suatu gejala alam disusun dalam pikiran dan sikap. dengan demikian alam disusun dalam pikiran dan sikap. Dengan demikian, setiap langkah dalam prosees harus diiringi dengan sikap ilmiah yang baik.

Adapun sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan antara lain sebagai berikut.

  1. Seorang iluwan harus selalu memiliki rasa ingin tahu dan suka bertanya tentang objek atau suatu peristiwa serta peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
  2. Dalam pengambilan data, diperlukan sikap yang teliti sehingga dapat menghasilkan daata yang akurat.
  3. Seorang ilmuwan harus bersikap objektif ketika sedang mengamati, melihat, atau merasakan suatu hal yang beerkaitan dengan percobaannya. Sikap ini juga dapat diartikan jujur, seperti ketika penyajian data. Data yang disajikana adalah data yang sebenarnya berdaasarkan pengamatan yang dilakukan.
  4. Seorang ilmuwan dapat bertanggungjawab atas hasil penelitiannya.
  5. Dalam membuat kesimpulan, seorang ilmuwaan tidak tergesa-gesa, sehingga diperlukan pemikiran yang kritis dan kreatif.
  6. Seorang ilmuwan harus memiliki pemikiran yang terbuka, ditunjukkan dengan menghargai pendapat orang lain atau menghargai hasil penelitian oranag lain yang tidak sesuai dengan hasil penelitiannya. 
  7. Seorang ilmuwan harus memiliki ssikap tekun dan tidak mudah putus asa dalam melakukan penelitian ketika menghadapi kendala atau kegagalan.

0 Comments:

Posting Komentar