Jumat, 23 Februari 2024

Fisika sebagai Produk


Hasil penemuan dari berbagai penyelidikan dikumpulkan dan disusun secara sistematis menjadi sebuah kumpulan pengetahuan yang kemudian disebut sebagai produk. Fisika juga dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari materi dan energi, serta interaksi antara keduanya. Dalam Fisika, kumpulan pengetahuan dapat berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori, dan model.

A. Fakta
    Fakta adalah suatu kenyataan atau keadaan yang sesungguhnya dari suatu benda atau fenomena yang terjadi di alam. Fakta ini juga menjadi dasar dari konsep/prinsip, hukum, teori, dan model.

B. Konsep
    Konsep adalah abstraksi dari berbagai kejadian, objek, fenomena, daan fakta. Konsep memiliki lima elemenn atau unsur penting, yaiitu nama, definisi, atribut, nilai (value), dan contoh.

C. Prinsip
    Prinsip adalah pola umum atau generalisasi dari hubungan antara fakta dengan konsep.

D. Hukum
    hukum adalah prinsip-prinsip khusus atau spesifik yang diterimam secara meluas setelah dilakukan pengujian berulang kali dan kebenarannya telah diakui dengan didukung oleh bukti-bukti ilmiah.

E. Rumus
    Rumus adalah pernyataan matematis dari suatu fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori. Dalam rumus kita dapat melihat saling keterkaitan antara konsep-konsep dan variabel-variabel. Pada umumnya, prinsip dan hukum dapat dinyatakan secara matematis.

F. Teori
    Teori disusun untuk menjelaskan sesuatu yang tidak dapat langsung diamati, bersifat tentatif sampai terbukti tidak benar atau diperbaiki. Contohnya, teori Newton mengenai gravitasi dapat menjelaskan mengapa buah yang berada di pohonnya dapat jatuh ke permukaan tanah.

G. Model
    Model sangat berguna untuk membantu memahami, suatu fenomena alam, juga berguna untuk membantu memahami suatu teori. 

0 Comments:

Posting Komentar