Senin, 19 Februari 2024

Elastisitas Zat Padat

 A. Slide Elastisitas Zat Padat


B. Pengertian Elastisitas Zat Padat
Elastisitas zat padat merupakan kemampuan suatu benda padat untuk kembali ke bentuk awalya segera setelah gaya yang diberikana kepada benda tersebut dihilangkan atau dibebaskan. Molekul-molekul zat padat tersusun rapat sehingga ikatan di antara mereka relatif kuat. Inilaha sebabnya mengapa zat padat relatif sulit dihancurkan. 

Sebuah pegas yang kita gantungkan dengan sebuah beban pada salah saatu ujungnya, akan kembali ke panjangnya semula jika beban tersebut diambil kembali. Sifat sebuah benda yang dapat kembali ke bentuk semula seperti itu disebut elastisitas

Benda-benda yang memiliki elastisitas misalnya karet, baja, dan kayu, disebut benda elastis. Sebaliknya, benda-benda yang tidak memiliki sifat elastis, misalnya plastisin, lumpur dan tanah liat disebut benda plastik.

Pemberian gaya tekan atau pemampatan dan gaya tarik dapat mengubah bentuk suatu benda tegar. Jika suatu benda tegar diubah bentuknya atau dideformasi, maka benda tersebut akan segera kembali ke bentuk semula. Benda tegar yang telah melampaui batas elastisitasnya, tidak akan kembali ke bentuk awal melainnkan berubah bentuk secara permanen.

C. Besaran Elastisitas
Terdapat besaran-besaran yang berkaitan dengan elastisitas zat padat, yakni tegangan (stress), regangan (strain) dan modulus elastisitas.
  • Tegangan
Tegangan yaitu besarnya gaya yang bekerja pada suatu permukaan benda persaatuan luass.
Rumus tegangan elastisitas yaitu :


Satuan SI untuk tegangan adalah pascal (Pa)
  • Regangan
Regangan merupakan ukuran mengenai seberapa jauh batang tersebut berubah bentuk. Adapun regangan (strain) didefinisikan sebagaai perbandingan antara pertambahan panjang batang dengan panjang mula-mula. 

  • Modulus Young
Definisi dari modulus young, yaitu perbandingan antara tegangan dengan regangan.

D. Drilling Soal Fisika - Elastisitas Zat Padat

0 Comments:

Posting Komentar