Sekolah Dasar

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Atas

Materi Umum

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak Pengetahuan Umum

Kelas Online

Jika kamu membutuhkan bimbingan untuk belajar online, kamu bisa gabung di kelas online.

Rabu, 10 Januari 2024

Jurusan Teknologi Pendidikan

 APA ITU TEKNOLOGI PENDIDIKAN?

Teknologi Pendidikan sekarang sangat jauh berkembang. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat proses pembelajaran lebih cepat dan efektif. Kita masih ingat untuk mendapatkan sebuah bacaan berupa buku sangat sulit, apalagi di tempat-tempat pelosok. Mereka hanya bisa mengandalkan guru-guru mereka sebagai sumber tunggal materi. Berbeda dengan sekarang, perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan bagi dunia pendidikan. 

Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. 

PROSPEK KERJA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN?

Kembali lagi tujuan kamu untuk kuliah. Memperoleh skill dan memperdalam kelimnuan yang kita mau untuk mendapatkan pekerjaan. Tak usah ragu untuk nantinya setelah lulus dari Teknologi Pendidikan, arena lulusannya sangat beragam dan bisa menempatkan diri di instansi pemerintahan atau swasta, atau bahkan menjadi seorang entrepreneur dalam dunia pendidikan.

Bagaimana lulusannya didunia kerja? Sangat banyak sekali, karena seperti yang telah dijelaskan di awal, pendidikan adalah aspek dasar dalam kehidupan. Setiap perusahaan dan lembaga pemerintahan tentunya membutuhkan lulusan Teknologi Pendidikan.

  • Pengembang Kurikulum. Di lembaga pendidikan atau pemerintahan tentunya membutuhkan lulusan teknologi pendidikan. Dalam mengembangkan kurikulum, teknologi pendidikan ahlinya. Mulai dengan tahap desain, imlementasi hingga evaluasi dipahami secara menyeluruh. Selain itu juga kurikulum adalah hal dasar dalam dunia pendidikan. Jika kita lihat lembaga pendidikan di Indonesia sangatlah banyak, disinilah peluangmu untuk bisa terjun di Pendidikan terutama bagian Kurikulum.
  • Pengembang Media Pembelajaran. Pengembang media merupakan posisi yang cukup menjanjikan di dunia kerja. Kamu menjadi seorang yang akan menghasilkan media dan bahan ajar yang akan digunakan, baik itu disekolah aupun dilembaga pelatihan.
  • Staf Teknologi Pendidikan. Staf juga terdapat di sekolah, baik itu di pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Penamaan dan penempatanya bermacam-macam tergantung instansi masing-masing. Tugasnya bisa mengelola pembelajaran, mengelola website menangani fasilitas, ataupun bagian pengembangan program.
  • Pelatihan dan Pengembang Pendidikan. Dalam prospek pekerjaan ini tentunya sudah sangat spesifik. Banyak sekali lembaga pelatihan yang ada sekarang ini. Baik itu dipemerintahan ataupun swasta. Sebut saja Pusdiklat setiap kementrian, P4TK, serta masih banyak lembaga pelatihan dari swasta yang menjanjikan.
  • Guru Mata Pelajaran Keahlian. Menjadi guru untuk mata pelajaran keahlian seperti prakarya dan TIK di SMA atau bisa juga mengajar di SMK jurusan seperti multimedia, animasi, rekayasa perangkat lunak, dan teknologi jaringan.
  • Dosen dan Peneliti. Melanjutan kuliah ke jenjang magister untuk memperoleh pekerjaan ini. Meneliti juga merupakan kegiatan yang produktif. 
  • Wirausaha. Kamu bisa menjadi seorang wirausaha. Khususnya wirausaha di bidang pendidikan. Dengan ide kreatif, kamu mampu membuat produk maupun jasa untuk dipasarkan dan digunakan untuk kepentingan pendidikan.
  • Startup Edutech. Era saat ini tentunya kalian tidak asing dengan istilah stratup. Sebuah perusahaab rintisan yang bergerak dibidang teknologi. Dalam dunia ini cukup menjanjikan karena skala yang didapatkan apabila startup yang kalian rintis bisa berkembang secara cepat, khususnya starup pendidikan. Kamu juga bisa menempati beberapa posisi penting dalam perusahaan yang berbasis teknologi ini.
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Adapun perusahan-perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan adalah sebagai berikut:
  1. PT. Brainybatch Indonesia
  2. PT. Edmodo Indonesia
  3. PT. Ruangguru
  4. PT. Bimbel Online Neutron
  5. PT. Siswa Siswi Online
  6. PT. Kreatif Anak Bangsa
  7. PT. Kelas Pintar
  8. PT. Primagama
  9. PT. Kurikulum 2013
  10. PT. Bina Nusantara
  11. dll

sumber :

Disdikpora, admin. 2016. Teknologi Pendidikan. "Teknologi Pendidikan.  https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/teknologi-pendidikan-71#:~:text=Teknologi%20pendidikan%20adalah%20satu%20bidang,melalui%20pengelolaan%20proses%20kesemuanya%20itu. Diakses tanggal 10 Januari 2024 10:38.

Prakoso Nugroho, Rengga. 2022. "Apa itu jurusan Teknologi Pendidikan? Apa saja yang dipelajari dan prospek kerjanya?". https://lofi.teknologipendidikan.or.id/apa-itu-jurusan-teknologi-pendidikan-apa-saja-yang-dipelajari-dan-prospek-kerjanya.E dtech-id: Teknologi Pendidikan ID. Diakses tanggal: 10 Januari 2024 11:08.