Rabu, 28 Juni 2023

Kitab Al-Qur'an (diturunkan pada abad ke-7 M, kurun waktu tahun 611-632 M)

Kitab Al-Qur'an merupakan kitab yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi sekaligus Rasul yang terakhir, yaitu Nabi Muhammad saw. Kitab Suci Al-Qur'an diturunkan Allah SWT sebagai penyempurna dan membenarkan kitab-kitab sebelumnya. 

FIrman Allah SWT dalam QS Ali Imran Ayat 3 :

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ  آل عمران: ٣ )

Artinya : " Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil."

Setelah wahyu pertama yang diturunkan di Gua Hira tersebut, turunlah wahyu-wahyu berikutnya sampai seluruhnya diturunkan oleh Allah SWT. Secara umum, pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an adalah :

  1. Aqidah (keyakinan), yaitu hal-hal yang berkaitan dengan keyakinan, seperti mengesakan Allah SWT dan meyakini malaikat-malaikat Allah SWT.
  2. Akhlak (budi pekerti), yaitu berkaitan dengan pembinaan akhlak mulia dan menghindari akhlak tercela.
  3. Ibadah, yakni yang berkaitan dengan tata cara beribadah seperti shalat, zakat, dan lain sebagainya.
  4. Muamalah, yakni berkaitan dengan tata cara berhubungan kepada sesama manusia
  5. Tarikh (sejarah), yaitu kisah orang-orang dan umat terdahulu.

Sumber : Ahsan, Muhammad. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017.

0 Comments:

Posting Komentar