Jumat, 30 Juni 2023

Al Qur'an sebagai Kitab Suci Umat Islam

Al-Qur'an merupakan kitab suci dari Allah SWT yang terjamin kemurniannya. Maksudnya, sejak awal diturunkan sampai sekarang bacaan Al-Qur'an dan isinya tidak mengalami perubahan, baik penambagan maupun pengurangan. 

Allah SWT telah menjamin kemurnian Al-Qur'an sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Hijr Ayat 9.

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰفِظُوْنَ   الحجر: ٩ )

Artinya :"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."

Al-Qur'an tidak hanya terjaga secara tertulis salam mushaf seperti yang kamu lihat sehari-hari. Al-Qur'an juga terjaga dalam hati dan pikiran para penghafal Al-Qur'an yang jumlahnya jutaan.

Belajar Mengaji

Dalam sejarah tercatat bahwa Al-Qur'an tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah saw. Seluruh ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari atau kurang lebih 23 tahun. Jumlah surat dalam Al-Qur'an sebanyak 114 surat. Ditinjau dari masa turunnya, surat yang diturunkan sebelum Rasulullah saw hijrah ke Madinah dinamakan Surat Makiyyah sedangkan surat yang diturunkan setelah hijrah ke Madinah disebut Surat Madaniyyah.

Umat Islam yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu akan menjadikan hidupnya terarah dan selamat sampai tujuan hidup yang sebenarnya. Tujuan hidup yang sebenarny adalah bahagia di dunia dan di akhirat. Sebagai umat Islam, kita harus mencintai Al-Qur'an dan bertekad untuk menjaga serta mengamalkan isinya. 

Sumber : Ahsan, Muhammad. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017


0 Comments:

Posting Komentar