Jumat, 13 September 2024

Sistem Produksi pada Artificial Intelligence

Metode pencarian memainkan peranan sangat penting dalam penyelesaian masalah. Untuk mempermudah pemahaman sistem intelijensia berbasis teknik pencarian, marilah kita bahas tentang SIstem Produksi yang terdiri dari [RIS91]:

a. Sebuah himpunan aturan, masing-masing terdiri dari sisi kiri yang menentukan kemampuan aplikasi dari aturan tersebut dan sisi kanan yang menggambarkan operasi yang dilakukan jika aturan tersebut dilaksanakan.

b. Satu atau lebih pengetahuan atau basis data yang berisi informasi apa pun untuk tujuan tertentu. Beberapa bagian basis data bisa permanen, dan bagian yang lain bisa hanya merupakan solusi untuk masalah saat ini. Informasi dalam basis data ini disusun secara tepat.

c. Strategi kontrol yang menspesifikasikan urutan dimana aturan akan dibandingkan dengan basis data dan menspesifikasikan cara pemecahan masalah jika beberapa aturan dapat dilakukan pada waktu yang sama. Syart-syarat strategi kontrol :

  • cause motion : strategi kontrol yang tidak menyebabkan motion tidak akan pernah mencapai solusi
  • systematic : pada setiap siklus, pilih secara random aturan-aturan yang dapat diaplikasikan. Strategi ini lebih baik dari pertama, karena menyebabkan motion. Pada akhirnya strategi tersebut akan mencapai solusi. Tetapi, mungkin kita akan mengunjungi beberapa state yang sama selama proses tersebut dan mungkin menggunakan lebih banyak langkah daripada jumlah langkah minimun yang diperlukan. Hal ini disebabkan strategi kontrol tersebut tidak didtematik. Beberapa strategi kontrol yang sistematik telah diusulkan, yang biasa disebut sebagai metode-metode pencarian yang akan di bahas di metode-metode pencarian

d. Pengaplikasikan aturan (a rule applier) untuk mengaplikasikan aturan yang terpilih.

0 Comments:

Posting Komentar