Senin, 16 Januari 2023

Pengenalan Interface RapidMiner - Welcome Perspective

RapidMiner menyediakan tampilan user friendly untuk memudahkan penggunanya ketika menjalankan aplikasi. Tampilan pada RapidMiner dikenal dengan istilah Perpective. Pada RapidMiner terdapat 3 Perspective, yaitu Welcome Perspective, Design Perpective dan Result Perspective. 

A. Welcome Perspective

Ketika membuat aplikasi Anda akan disambut dengan tampilan yang disebut Welcome Perspective. 

Tampilan Welcome Perspective

Pada bagian toolbar, terdapat toolbar Perspectives terdiri dari ikon-ikon untuk menampilkan perspective dari RapidMiner. Toolbar ini dapat dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan Views menunjukkan pandangan (view) yang sedang Anda tampilkan.

Jika komputer terhubung dengan internet, maka pada bagian bawah Welcome Perspective akan menampilkan berita terbaru mengenai RapidMiner. Bagian ini dinamakan News. Pada bagian tengah halaman akan terlihat daftar Last Processes (Recent Processes), bagian ini menampilkan daftar proses analisis yang baru saja dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda jika ingin melanjutkan proses sebelumnya yang sudah ditutup, dengan mengklik dua kali salah satu proses yang ada pada daftar tersebut.

Bagian Actions menunjukkan daftar aksi yang dapat Anda lakukan setelah membuka RapidMiner. Berikut ini rincian lengkap daftar aksi tersebut.

  1. New : Aksi ini berguna untuk memulai proses analis baru. Untuk memulai proses analisis, pertama-tama Anda harus menentukan nama dan lokasi proses dan Data Repository. Setelah itu, Anda bisa mulai merancang sebuah analis baru.
  2. Open Recent Process : Aksi ini berguna untuk membuka proses yang baru saja ditutup. Selain aksi ini, Anda juga bisa membuka proses yang baru ditutup dengan mengkik dua kali salah satu daftar yang ada pada Recent Process. Kemudian tampilan Welcome Perspective akan otomatis beralih ke Design Perspective.
  3. Open Process : Aksi ini untuk membuka Repository Browser yang berisi daftar proses. Anda juga bisa memilih proses untuk dibuka pada Design Perspective.
  4. Open Template : Aksi ini menunjukkan pilihan lain yang sudah ditentukan oleh proses analisis.
  5. Online Tutorial : Aksi digunakan untuk memulai tutorial secara online (terhubung internet). Tutorial yang dapat secara langsung digunakan dengan RapidMiner ini, memberikan perkanalan dan beberapa konsep data mining. Hal ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah memiliki dasar mengenai data mining dan sudah akrab dengan operasi dasar RapidMiner.
RapidMiner dapat menampilkan beberapa view pada saat bersamaan. Seperti tampilan berikut ini,
Welcome Perspective

 
Pada tampilan Welcome Perspective terdapat Welcome view dan Log view. Ukuran dari setiap view tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengklik dan menerik garis batas diantara keduanya ke atas atau ke bawah. 

Anda bisa melakukan beberapa aksi terhadap view, dengan mengklik salah satu ikon yang tampak pada bagian view, seperti gambar berikut:
Header Tab
Berikut ini beberapa aksi yang dapat Anda lakukan :

  1. Close : Aksi ini untuk menutup view yang ditampilkan pada perspective. Anda bisa menampilkan view kembali dengan mengklik menu view dan memilih view yang ingin ditampilkan
  2. Maximize : Aksi ini untuk memperbesar ukuran view pada perspective
  3. Minimize : Aksi ini untuk memperkecil ukuran view pada perspective.
  4. Detach : Aksi ini untuk melepaskan view dari perspective menjadi jendela terpisah, kemudian Anda juga dapat memindahkannya sesuai dengan keinginan Anda. 

0 Comments:

Posting Komentar