Minggu, 15 Januari 2023

Instalasi Software RapidMiner

A. System Requirement

Sebelum melakukan instalasi software RapidMiner, terdapat beberapa spesifikasi minimal yang harus dimiliki komputer pengguna. Spesifikasi minimal bergantung pada komputer dan sistem operasi yang akan diinstal. Berikut ini beberapa spesifikasi minimal yang dibutuhkan software RapidMiner:

1. Sistem Operasi

    RapidMiner merupakan software yang multiplatform, sehingga software ini dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi. Berikut ini beberapa jenis sistem operasi yang dapat diinstal RapidMiner:

  • Microsoft Windows (x86-32)
  • Microsoft Windows (x64)
  • Unix sistem 32 atau 64 bit
  • Linux sistem 32 atau 64 bit
  • Apple Macintosh sistem 32 atau 64
    Sebagai pertimbangan, gunakanlah sistem 64 bit. Hal ini dikarenakan jumlah maksimum yang dapat digunakan oleh RapidMiner terbatas pada sistem operasi dengan sistem 32, yaitu hanya sebesar 2GB.

2. Java Runtime Environment versi 6

    Selain itu, penggunaan server RapidAnalytics dalam kombinasi dengan RapidMiner dapat memaksimalkan proses analisis pada RapidMiner, meskipun tugas analisis sudah banyak dapat dijalankan dengan RapidMiner desktop client. Dalam hal ini proses analisa dirancang dengan RapidMiner, kemudian dieksekusi oleh server RapidAnalytics.

B. Instalasi RapidMiner

Software ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac. RapidMiner dapat diunduh pada situs resminya, yaitu www.rapid-i.com. Pada bagian ini, akan dijelaskan bagaimana cara melakukan instalasi software RapidMiner versi 5.3 pada sistem operasi Microsoft Windows.

Untuk memulai instalasi software RapidMiner pada sistem operasi Microsoft Windows, lakukan tahapan-tahapan dibawah ini:

1. Jalankan file installer RapidMiner-5.3000x32-intall.exe, sehingga akan muncul tampilan wizard seperti berikut :

Tahap 1 Tampilan Awal Instalasi

2. Klik Next >, sehingga akan tampil form persetujuan dan lisensi berikut:

Tahap 2 Form Persetujuan Lisensi

3. Pilih I Agree, untuk melanjutkan. Kemudian, wizard akan menampilkan form seperti berikut:

Tahap 3 Form Pemilihan Lokasi Instalasi


4. Pilih Install untuk melakukan proses intalasi. Kemudian wizard akan menampilkan progress dari proses instalasi tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:

Tahap 4 Tampilan Proses Instalasi

5. Setelah proses selesai, pilih Next > untuk melanjutkan, maka tampilan wizard akan menampilkan informasi bahwa instalasi telah selesai dilakukan, seperti gambar berikut:

Tahap 5 Tampilan Instalasi Selesai

6. Pilih Finish untuk mengakhiri proses instalasi.
 





0 Comments:

Posting Komentar