Sekolah Dasar

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Atas

Materi Umum

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak Pengetahuan Umum

Kelas Online

Jika kamu membutuhkan bimbingan untuk belajar online, kamu bisa gabung di kelas online.

Senin, 16 Januari 2023

Pengenalan Interface RapidMiner - Welcome Perspective

RapidMiner menyediakan tampilan user friendly untuk memudahkan penggunanya ketika menjalankan aplikasi. Tampilan pada RapidMiner dikenal dengan istilah Perpective. Pada RapidMiner terdapat 3 Perspective, yaitu Welcome Perspective, Design Perpective dan Result Perspective. 

A. Welcome Perspective

Ketika membuat aplikasi Anda akan disambut dengan tampilan yang disebut Welcome Perspective. 

Tampilan Welcome Perspective

Pada bagian toolbar, terdapat toolbar Perspectives terdiri dari ikon-ikon untuk menampilkan perspective dari RapidMiner. Toolbar ini dapat dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan Views menunjukkan pandangan (view) yang sedang Anda tampilkan.

Jika komputer terhubung dengan internet, maka pada bagian bawah Welcome Perspective akan menampilkan berita terbaru mengenai RapidMiner. Bagian ini dinamakan News. Pada bagian tengah halaman akan terlihat daftar Last Processes (Recent Processes), bagian ini menampilkan daftar proses analisis yang baru saja dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda jika ingin melanjutkan proses sebelumnya yang sudah ditutup, dengan mengklik dua kali salah satu proses yang ada pada daftar tersebut.

Bagian Actions menunjukkan daftar aksi yang dapat Anda lakukan setelah membuka RapidMiner. Berikut ini rincian lengkap daftar aksi tersebut.

  1. New : Aksi ini berguna untuk memulai proses analis baru. Untuk memulai proses analisis, pertama-tama Anda harus menentukan nama dan lokasi proses dan Data Repository. Setelah itu, Anda bisa mulai merancang sebuah analis baru.
  2. Open Recent Process : Aksi ini berguna untuk membuka proses yang baru saja ditutup. Selain aksi ini, Anda juga bisa membuka proses yang baru ditutup dengan mengkik dua kali salah satu daftar yang ada pada Recent Process. Kemudian tampilan Welcome Perspective akan otomatis beralih ke Design Perspective.
  3. Open Process : Aksi ini untuk membuka Repository Browser yang berisi daftar proses. Anda juga bisa memilih proses untuk dibuka pada Design Perspective.
  4. Open Template : Aksi ini menunjukkan pilihan lain yang sudah ditentukan oleh proses analisis.
  5. Online Tutorial : Aksi digunakan untuk memulai tutorial secara online (terhubung internet). Tutorial yang dapat secara langsung digunakan dengan RapidMiner ini, memberikan perkanalan dan beberapa konsep data mining. Hal ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah memiliki dasar mengenai data mining dan sudah akrab dengan operasi dasar RapidMiner.
RapidMiner dapat menampilkan beberapa view pada saat bersamaan. Seperti tampilan berikut ini,
Welcome Perspective

 
Pada tampilan Welcome Perspective terdapat Welcome view dan Log view. Ukuran dari setiap view tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengklik dan menerik garis batas diantara keduanya ke atas atau ke bawah. 

Anda bisa melakukan beberapa aksi terhadap view, dengan mengklik salah satu ikon yang tampak pada bagian view, seperti gambar berikut:
Header Tab
Berikut ini beberapa aksi yang dapat Anda lakukan :

  1. Close : Aksi ini untuk menutup view yang ditampilkan pada perspective. Anda bisa menampilkan view kembali dengan mengklik menu view dan memilih view yang ingin ditampilkan
  2. Maximize : Aksi ini untuk memperbesar ukuran view pada perspective
  3. Minimize : Aksi ini untuk memperkecil ukuran view pada perspective.
  4. Detach : Aksi ini untuk melepaskan view dari perspective menjadi jendela terpisah, kemudian Anda juga dapat memindahkannya sesuai dengan keinginan Anda. 

Minggu, 15 Januari 2023

Instalasi Software RapidMiner

A. System Requirement

Sebelum melakukan instalasi software RapidMiner, terdapat beberapa spesifikasi minimal yang harus dimiliki komputer pengguna. Spesifikasi minimal bergantung pada komputer dan sistem operasi yang akan diinstal. Berikut ini beberapa spesifikasi minimal yang dibutuhkan software RapidMiner:

1. Sistem Operasi

    RapidMiner merupakan software yang multiplatform, sehingga software ini dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi. Berikut ini beberapa jenis sistem operasi yang dapat diinstal RapidMiner:

  • Microsoft Windows (x86-32)
  • Microsoft Windows (x64)
  • Unix sistem 32 atau 64 bit
  • Linux sistem 32 atau 64 bit
  • Apple Macintosh sistem 32 atau 64
    Sebagai pertimbangan, gunakanlah sistem 64 bit. Hal ini dikarenakan jumlah maksimum yang dapat digunakan oleh RapidMiner terbatas pada sistem operasi dengan sistem 32, yaitu hanya sebesar 2GB.

2. Java Runtime Environment versi 6

    Selain itu, penggunaan server RapidAnalytics dalam kombinasi dengan RapidMiner dapat memaksimalkan proses analisis pada RapidMiner, meskipun tugas analisis sudah banyak dapat dijalankan dengan RapidMiner desktop client. Dalam hal ini proses analisa dirancang dengan RapidMiner, kemudian dieksekusi oleh server RapidAnalytics.

B. Instalasi RapidMiner

Software ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac. RapidMiner dapat diunduh pada situs resminya, yaitu www.rapid-i.com. Pada bagian ini, akan dijelaskan bagaimana cara melakukan instalasi software RapidMiner versi 5.3 pada sistem operasi Microsoft Windows.

Untuk memulai instalasi software RapidMiner pada sistem operasi Microsoft Windows, lakukan tahapan-tahapan dibawah ini:

1. Jalankan file installer RapidMiner-5.3000x32-intall.exe, sehingga akan muncul tampilan wizard seperti berikut :

Tahap 1 Tampilan Awal Instalasi

2. Klik Next >, sehingga akan tampil form persetujuan dan lisensi berikut:

Tahap 2 Form Persetujuan Lisensi

3. Pilih I Agree, untuk melanjutkan. Kemudian, wizard akan menampilkan form seperti berikut:

Tahap 3 Form Pemilihan Lokasi Instalasi


4. Pilih Install untuk melakukan proses intalasi. Kemudian wizard akan menampilkan progress dari proses instalasi tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:

Tahap 4 Tampilan Proses Instalasi

5. Setelah proses selesai, pilih Next > untuk melanjutkan, maka tampilan wizard akan menampilkan informasi bahwa instalasi telah selesai dilakukan, seperti gambar berikut:

Tahap 5 Tampilan Instalasi Selesai

6. Pilih Finish untuk mengakhiri proses instalasi.
 





Sabtu, 14 Januari 2023

Apa itu RapidMiner?

https://rapidminer.com/

RapidMiner adalah perangkat lunak yang bersifat terbuka (open source). RapidMiner adalah sebuah solusi untuk melakukan analisis terhadap data mining, text mining dan analisis prediksi. RapidMiner menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi dalam memberikan wawasan kepada pengguna sehingga dapat membuat keputusan yang paling baik. RapidMiner memiliki kurang lebih 500 operator data mining, termasuk operator untuk input, output, data preprocessing dan visualisasi. RapidMiner merupakan software yang berdiri sendiri untuk analisis data dan sebagai mesin data mining yang dapat diintegrasikan pada produknya sendiri. 

RapidMiner sebelumnya bernama YALE (Yet Another Learning Environment), dimana versi awalnya mulai dikembangkan pada tahun 2001 oleh RalfKlinkenberg, Ingo Mierswa, dan Simon Fischer di Artificial Intelligence Unit dari University of Dortmund. RapidMiner ini didistribusikan di bawah lisensi AGPL (GNU Affero General Public License) versi 3. Hingga saat ini ribuan aplikasi yang dikembangkan menggunakan RapidMiner di lebih dari 40 negara. RapidMiner sebagai software open source untuk data mining tidak perlu diragukan lagi karena software ini sudah terkemuka di dunia. RapidMiner menempati peringkat pertama sebagai software data mining pada polling oleh KDnuggets, sebuah portal data-mining pada 2010-2011.

RapidMiner menyediakan GUI (Graphic User Interface) untuk merancang sebuah pipeline analitis. GUI ini akan menghasilkan file XML (Extensible Markup Language) yang mendefinisikan proses analitis keinginan pengguna untuk diterapkan ke data. File ini kemudian dibaca oleh RapidMiner untuk menjalankan analisis secara otomatis. 

RapidMiner memiliki beberapa sifat sebagai berikut :

  1. Ditulis dengan bahasa pemrograman Java sehingga dapat dijalankan di berbagai sistem operasi
  2. Proses penemuan pengetahuan dimodelkan sebagai operator trees
  3. Representasi XML internal untuk memastikan format standar pertukaran data
  4. Bahasa scripting memungkinkan untuk eksperimen skala besar dan otomatisasi eksperimen
  5. Konsep multi-layer untuk menjamin tampilan data yang efisien dan menjamin penanganan data.
  6. Memiliki GUI, command line mode, dan Java API yang dapat dipanggil dari program lain.

Beberapa fitur dari RapidMiner, antara lain:

  1. Banyaknya algoritma data mining, seperti decision tree dan self-organization map.
  2. Bentuk grafis yang canggih, seperti tumpang tindih diagram histogram, tree chart, dan 3D scatter plots.
  3. Banyaknya variasi plugin, seperti text plugin untuk melakukan analisis teks.
  4. Menyediakan prosedur data mining dan machine learning termasuk : ETL (extraction, transformation, loading), data preprocessing, visualisasi, modelling, dan evaluasi
  5. Proses data mining tersusun atas operator-operator yang nestable, dideskripsikan dengan XML, dan dibuat GUI
  6. Mengintegrasikan proyek data mining Weka dan Statistika R

Sumber :

  • https://rapidminer.com/
  • AprillaC, Dennis. 2013. "Belajar Data Mining dengan Rapid Miner". Jakarta.

Sabtu, 07 Januari 2023

Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

1. Pembentukan BPUPKI
Bangsa Indonesi mengalami sejarah yang panjang dalam melawan penjajah. Kita pernah mengalami penderitaan ketika dijajah oleh Belanda. Sejarah juga mencatat, kekalahan Belanda oleh Jepang dalam perang Asia Timur Raya menyebabkan bangsa Indonesia dijajah oleh Jepang. Ibarat "lepas dari mulut harimau masuk ke mulut buaya", tepat kiranya untuk menggambarkan bagaimana kondisi penderitaan bangsa kita saat itu. Penderitaan akibat pelaksanaan kebijakan tentara Jepang terhadap bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan kerja paksa. Hal ini menyebabkan banyak laki-laki Indonesia dikirim hingga ke Burma (Myanmar) untuk melakukan pekerjaan pembangungan dan pekerjaan berat lainnya dalam kondisi yang buruk. Ribuan orang Indonesia meninggal dan ilang pada saat kejadian itu berlangsung.
  2. Pengambilan paksa. Saat itu, tentara Jepang mengambil makanan, pakaian dan berbagai keperluan hidup lainnya secara paksa dari keluarga-keluarga di Indonesia, tanpa memberikan ganti rugi.
  3. Perbudakan paksa. Perempuan-perempuan Indonesia banyak dipekerjakan secara paksa oleh tentara Jepang. Selain itu, banyak menahan dan memperlakukan warga sipil di kamp-kamp tahanan dalam kondisi sangat buruk. (ruswandi Hermawan dan Sukanda Permana, 2009: 61 dengan pengubahan).
Jepang mulai menguasai wilayah Indonesia setelah Belanda menyerah di Kalijati, Subang, Jawa Barat pada tanggal 8 Maret 1942. Kedatangan Jepang semula disangka baik oleh bangsa Indonesia. Banyak semboyan dikumandangankan oleh Jepang seperti "Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia" untuk menarik simpati bangsa kita. Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa Jepang tidak berbeda dengan Belanda, yaitu meneruskan penjajahan atas bangsa Indonesia.

Kemenagan Jepag di Asia tidak bertahan lama, pihak Sekutu (Inggris, Amerika Serikat, Belanda) melakukan serangan balasan. Satu persatu daerah yang dikuasai Jepang, kembali ke tangan Sekutu. Melihat hal itu, pada peringatan Pembangunan Djawa Baroe tanggal 1 Maret 1945. Jepang mengumumkan pembentukan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/BPUPKI) untuk menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan.

Janji Jepang membentuk BPUPKI direalisasikan, pada tanggal 29 April 1945 bersamaan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Secara resmi BPUPKI dilantik oleh Jepang, dengan anggota berjumlah enam puluh dua (62) orang yang terdiri atas tokoh-tokoh bangsa Indonesia dan tujuh (7) orang anggota perwakilan dari Jepang. Ketua BPUPKI adalah dr.K.R.T Radjima Wedyodiningrat, dengan dua wakil ketua, yaitu Ichibangasae Yosio (Jepang) dan R.P Soeroso. 

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali sidang resmi dan satu kali sidang tidak resmi. Sidang resmi pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945, membahasa tentang dasar negara. Sidang kedua berlangsung tanggal 10 sampai dengan 17 Juli 1945 dengan membahasa rancangan Undang-Undang Dasar.

Pada pelaksanaan sidang tidak resmi hanya dihadiri oleh tiga puluh delapan (38) orang kegiatan ini berlangsung di masa reses antara sidang pertama dan sidang kedua, tujuannya untuk membahas rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dipimpin oleh anggota BPUPKI Ir. Soekarno. Sidang BPUPKI dilaksanakan di gedung Chuo Sangi In" dan kini gedung itu dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila.

Sejak berkuasa di Indonesia, Jepang dengan segala cara menguras kekayaan dan tenaga rakyat Indonesia. Hal itu menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan bagi rakyat. Namun, penderitaan tersebut tidak menyurutkan semangat pejuang kita untuk meraih kemerdekaan. Berbagai upaya dilakukan bagsa Indonesia dengan menyusun barisan dan bersatu padu mewujudkan kemerdekaan yang dicita-citakan.

2. Perumusan Dasar Negara
Dasar negara merupakan pondasi berdirinya sebuah negara. Ibarat sebuah bangunan, tanpa pondasi yang kuat tentu tidak akan berdiri dengan kokoh. Oleh karena itu, dasar negara sebagai pondasi harus disusun sekuat mungkin sebelum suatu negara berdiri. 

Ketua BPUPKI dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat pada pidato awal sidang pertama, menyatakan bahwa untuk mendirikan Indonesia merdeka diperlukan suatu dasar negara. Untuk menjawab permintaan Ketua BPUPKI, beberapa tokoh pendiri negara mengusulkan rumusan dasar negara. Rumusan yang diusulkan memiliki perbedaan satu dengan yang lain. Namun demikian, rumusan-rumusan tersebut memiliki persamaan dari segi materi dan semangat yang menjiwainya. Pandangan para pendiri negara tentang rumusan dasar negara disampaikan berdasarkan sejarah perjuangan bangsa dan melihat pengalaman bangsa lain. Meskipun diilhami oleh gagasan-gagasan besar dunia, tetapi tetap berakar pada kepribadian dan gagasan besar dari bangsa Indonesia sendiri. Usulan mengenai dasar Indonesia merdeka dalam sidang pertama BPUPKI secara berurutan dikemukakan oleh Muhammad Yamin, Soepomo dan Ir. Soekasrno. Pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945. Mr. Muhammad Yamin, saat mengusulkan rancangan dasar negara Indonesia mengatakan bahwa : 
rakyat Indonesia mesti mendapat dasar negara yang berasal daripada peradaban kebangsaan Indonesia; orang timur pulang kepada kebudayaan timur.

 kita tidak berniat, lalu akan meniru sesuatu susunan tata negara negeri haram. Kita bangsa Indonesia masuk yang beradab dan kebudayaan kita beribu-ribu tahun umurnya. (Risalah Sidang, halaman 12)

Muhammad Yamin mengusulkan secara lisan lima dasar bagi negara Indonesia merdeka, yaitu sebagai berikut.

  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Sosial
Setelah selesai berpidato, Muhammad Yamin menyampaikan konsep mengenai dasar negara Indonesia merdeka secara tertulis kepada ketua sidang, konsep yang disampaikan berbeda dengan isi pidato sebelumnya. Asas dan dasar Indonesia merdeka secara tertulis menurut Muhammad Yamin adalah sebagai berikut.
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
  3. Rasa Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Selanjutnya, pada tanggal 31 Mei 1945, Soepomo menyampaikan pidatonya tentang dasar negara. Menurut Soepomo, dasar negara Indonesia merdeka adalah sebagai berikut
  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan Lahir dan Batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan Rakyat

Kamis, 05 Januari 2023

Kemagnetan dan Induksi Elektromagnetik - Penggolongan Benda Berdasarkan Sifat Kemagnetannya

Kemagnetan

Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui. (QS. 36:36)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa : 
"...setiap partikel memiliki anti-partikel dengan muatan yang berlawanan .. dan hubungan ketidakpastian mengatakan kepada kita bahwa penciptaan berpasangan dan pemusnahan berpasangan terjadi di dalam vakum disetiap saat, di setiap tempat."

Kemagnetan ini sudah dijelaskan sebelumnya pada QS 36 : 36. Nah, pada kali ini kita akan membagi pelajaran ini kedalam beberapa subbab, diantaranya adalah 

1. Penggolongan Benda Berdasarkan Sifat Kemagnetannya
2. Sifat-sifat Magnet
3. Cara Membuat Magnet
4. Teori Kemagnetan Bumi
5. Medan Magnet
6. Medan Magnetik di Sekitar Kawat Berarus Listrik
7. Elektromagnetik
8. Gaya Lorentz
9. Gaya Gerak Listrik Induksi
10. Dinamo dan Generator
11. Transformator (Trafo)
12. Pemanfaatan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari
13. Manfaat Medan Listrik dan Medan Magnetik bagi Hewan

Senin, 02 Januari 2023

Buah Kaya Antioksidan, Membantumu dalam Merawat Wajah!

Tahukah kamu bahwa antioksidan bagus untuk kulit? 
Antioksidan memiliki peran dalam mencegah produksi minyak berlebihan dan menjaga pH kulit tetap stabil. Dengan begitu, kulit akan tampak sehat, tidak dehidrasi, serta lembab tanpa minyak berlebih. Antioksidan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. caranya adalah dengan menumpulkan respons peradangan kulit, mencegah kulit terbakat, dan meningkatkan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.
Berikut adalah manfaat dan fungsi antioksidan bagi kulit dan wajah.
  1. Sebagai sunscreen alami. Manfaat dari antioksidan untuk kulit yang pertama adalah sebagai sunscreen alami.
  2. Membuat kulit kenyal dan kencang
  3. Mengontrol produksi minyak
  4. Mencegah jerawat
  5. Mencegah keriput dan flek hitam
  6. Mencerahkan kulit.
Antioksidan ini dapat kita temukan dalam buah-buahan yang sering kita lihat juga loh. Apa saja buah-buahan tersebut? yuk simak!


  1. Pepaya.

    Pepaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi serta nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, provitamin A, asam folat, kalium, pektin, polifenol, beta karoten dan karotenoid. Buah yang terbilang murah di jualan di pasar Indonesia ini ternyata mengandung antioksidan tinggi ya. Dengan kandungan vitamin C karotenoid, buah pepaya mampu mencegah penyumbatan darah. Dan dengan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, perlindungan akan kanker usus besar dan degenerasi makula mata bisa diperoleh. Selain itu, likopen yang terkandung dalam buah ini mampu mencegah penyakit jantung dan beberapa kanker. Menariknya, kadar likopen yang rendah diasosiasikan dengan kematian dalam berbagai kasus.
  2. Semangka.

    Buah semangka yang dingin dan yang tinggi akan kadar airnya memiliki serat, vitamin C, provitamin A, dan banyak antioksidan yang berperan sebagai anti peradangan, melindungi sel saraf dan menyehatkan organ hati. Fakta lainnya, semangka sangat kaya akan asam amino I-citrulline. L-citrulline dibutuhkan dalam sintesis nitrit oksida yang penting untuk pelebaran pembuluh darah dan metabolisme tubuh lainnya. Hal itulah yang menyebabkan semangka dapat efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Semangka juga mengandung antioksidan jenis likopen, bahkan 1 cup semangka memiliki jumlah likopen yang banyak dibandingkan tomat.
  3. Mangga.

    Buah mangga juga mengandung antioksidan yang tidak kalah tinggi. Kandungan nutrisinya terbilang melimpah. Ada vitamin A, C, dan beberapa antioksidan seperti quercetin, ellagic acid, dan gallic acid yang semuanya bisa kita peroleh cukup dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Mangga juga kaya akan serat pangan yang bisa mengatasi konstipasi dan mempercepat pergerakan usus pada saluran pencernaan. Dengan memakan 300 gram mangga sehari dapat membantu melancarkan frekuensi buang air besar dan mengurangi peradangan dalam penceranaan.
  4. Alpukat.

    Alpukat mempunyai kandungan gizi yang baik seperti serat pangan, lemak baik, kalium, magnesium, asam folat, dan vitamin C. Penelitian menunjukkan lemak yang terkandung dalam buah alpukat membantu mengurangi berat badan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan faktor pemicu penyakit jantung seperti kolesterol jahat (LDL). Alpukat punya kandungan asam lemak dan lemak tidak jenuh tunggal, yang bisa membawa kolesterol jahat (LDL) keluar tubuh, dan menaikkan level kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Lemak ini juga membantu meningkatkan penyerapan antioksidan lain seperti beta carotene dan lycopene yang juga baik untuk jantung.
  5. Anggur.

    Beberapa varietas anggur adalah buah yang paling tinggi kandungan antioksidannya dari buah manapun. Penelitian yang membandingkan 30 jenis varietas anggur menemukan bahwa jenis anggur Black Pearl, Summer Royal Black, Pearl Green, Seedless Green, dan Seedless Red menunjukkan antioksidan terkuat dan punya efek penangkal radikal bebas yang baik. Anggur mengandung antioksidan berjenis epicatechin, catechin gallate, protocatechuic acid, gallic acid, rutin dan resveratrol. Antioksidan resveratrol inilah yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Penelitian lain juga menemukan bahwa resveratrol juga ada dalam ekstrak biji anggur, dan bisa berpotensi menurunkan penyakit alzheimer, serta memusnahkan sel kanker.
  6. Apel.

    Apel banyak dihubungkan dengan berbagai khasiat seperti, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Hal itu dikarenakan apel adalah buah yang memiliki antioksidan berjenis flavonoid. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 56 ribu orang menunjukkan hubungan antara turunnya risiko kematian akibat kanker maupun penyakit jantung koroner berkat asupan buah apel dan makanan yang tinggi flavonoid dalam makanan hariannya.
  7. Stroberi.

    Stroberi adalah sumber vitamin C dan antioksidan jenis anthocyanins. Antioksidan ini memberikan mereka warna merah, sehingga semakin tinggi kadar antioksidannya semakin merah buahnya. Banyak studi menunjukkan bahwa anthocyaninc dapat menurunkan risiko penyakit jantung degan cara mengurani kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan level kolesterol baik (HDL).