Selasa, 06 Desember 2022

Tentang Informatika di Sekolah Menengah Atas, Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

        Informatika mencakup aspek teoritis dan praktis, mendorong kita untuk mengembangkan daya prikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kita diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang diplajarinya untuk memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan dari prinsip, prakti dan penemuan (principles, practice, and invention), kita akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoritis, penerapan informatika akan memberikan "surprise", kejutan karena produknya menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik dan dapat digunakan, bahkan dapat memunculkan keindahan ("that is so beautiful").

        Kita akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan Informasika, yang dikelompokkan menjadi :

  1. Berpikir Komputasional (BK)/ Computational Thinking (CT) : Fokus ke persoalan yang solusinya membutuhkan program komputer, sehingga perlu belajar tentang strategi penyelesaian persoalan yang tidak intuitif dan naif, tetapi yang didasari bagaimana komputasi akan dilakukan dengan lebih efisien dan optimal.
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/ Information and Communication Technology (ICT) : Memahami integrasi antar aplikasi, memanfaatkan fitur aplikasi yang lebih advanced (lanjut) dibandingkan fase sebelumnya, dan memanfaatkan fitur otomasi yang tersedia.
  3. Sistem Komputer (SK)/ Computing System (CS) : Belajar mengenai perangkat keras komputer dan menengok lebih dalam serta lebih rinsi ke dalam setiap komponen komputer dan sistem operasi; mempelajari lebih rinsi bagaimana data dan program disimpan dalam memori, dan bagaimana instruksi diproses.
  4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)/ Computer Network (CN)
  5. Analisis Data (AD)/ Data Analysis (DA) : Pengelolaan dan penyajian data bervolume lebih besar dan melakukan analisis yang lebih kompleks dari fase sebelumnya; Bagaimana mengotomasi pengambilan data dari internet.
  6. Algoritma dan Pemrograman (AP)/ Algorithm and Programming (AP) : Membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman tekstual, dengan menerapkan strategi berpikir komputasional yang dikembangkan pada materi Berpikir Komputasional. Peralihan dari program visual ke program tekstual membutuhkan abstraksi yang lebih tinggi dan lebih sulit.
  7. Dampak Sosial Informatika (DSI)/ Social Impact of Informatics (SOC) : Belajar mengenai dampak informatika di berbagai bidang seperti ekonomi, hukum dan keterbukaan informasi; Mendapat gambaran dampak informatika si berbagai bidang serta karir apa saja yang terbuka di bidang informatika.
  8. Praktik Lintas Bidang (PLB)/ Computing Practices (CP) : Belajar bekerjasama secara kolaboratif untuk membuat rancangan solusi persoalan sosial yang harus mengandung perangkat lunak aplikasi.

0 Comments:

Posting Komentar