Kamis, 29 Desember 2022

Mengenal Seismograf, Perangkat yang Mengukur dan Mencatat Gempa Bumi

Akhir-akhir ini di Indonesia, khususnya pulau Jawa sering sekali terjadi gempa bumi. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan oleh adanya retakan dan pelepasan sistem di suatu tempat yang bergerak dan berubah demikian cepat sebagai akibat desakan tenaga dari dalam bumi (endogen) maupun dari luar bumi (eksogen). Karena merupakan salah satu bencana alam, gempa bumi ini tidak dapat dihindarkan, namun kerugian terhadap material bisa kita minimalisasi dengan lebih awal mendeteksi terjadinya gempa bumi tersebut, yaitu dengan cara mengukur menggunakan seismograf.

Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. Pada prinsipnya, seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil. Dengan begitu, dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram. 

Alat atau sensor getaran yang biasa digunakan untuk mendeteksi gempa atau getaran pada permukaan tanah dikenal dengan nama seismometer (bahasa Yunani : seismo : gema bumi dan metero : mengukur). 





0 Comments:

Posting Komentar