Kamis, 29 Desember 2022

Bagaimana Membuat Judul Penelitian yang Menarik?

A. Pengertian Penelitian 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian diartikan sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis (dugaan sementara). 



B. Ciri Penelitian

1. Bersifat Sistematis dan Logis : Penelitian harus dilakukan dengan langkah-langkah yang beraturan serta dibuat secara logis dengan tidak memanipulasi hal apapun di dalamnya. 

2. Bersifat Ilmiah : Penelitian harus menyajikan berbagai data atau temuan fakta agar bisa dipertanggungjawabkan dan dibuktikan kebenarannya.

3. Efisien dan Bermanfaat : Penelitian harus dibuat seefisien mungkin agar mudah dipahami banyak kalangan serta memiliki kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

4. Analitis : Penelitian harus dilakukan, dibuktikan, serta dijelaskan melalui proses metode ilmiah. Tidak hanya itu, hubungan sebab akibat antar variabel juga harus diuraikan dengan jelas dalam penelitian.

C. Sikap Penelitian

Menurut Sandu Siyoto dan Ali Sodik dalam Buku Dasar Metodologi Penelitian (2015), seorang peneliti harus memiliki tiga sikap, yakni

1. Obyektif : peneliti harus bersifat obyektif. Artinya peneliti harus bisa membedakan masa fakta atau temuan data serta opini atau pendapatnya. Dalam analisis hasil penelitian, peneliti harus menguraikan dengan jelas temuan fakta tanpa menggunakan pendapat pribadi.

2. Kompeten : peneliti harus bersikap kompeten. Artinya peneliti harus memiliki keterampilan untuk melakukan penelitian dengan metode ilmiah serta teknik tertentu.

3. Faktual : peneliti harus bersikap faktual. Artinya peneliti harus mengumpulkan, menjelaskan dan menganalisis temuan datanya berdasarkan fakta yang diperoleh, tanpa menggunakan anggapan atau harapan yang bersifat abstrak.

D. Jenis dan Syarat Penelitian

1. Penelitian Murni : penelitian murni merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan secara mendalam untuk mengembangkan terhadap suatu fenomena.

2. Penelitian Terapan : penelitian terapan merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dan menggunakannya sebagai langkah pemecahan masalah. Penelitian ini umumnya digunakan untuk kepentingan masyarakat. 

3. Penelitian Tindakan : penelitian tindakan merupakan salah satu jenis penelitian yang diterapkan pada objek yang memutihkan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan memperbaiki situasi.

4. Penelitian Evaluasi : penelitian evaluasi merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, merencanakan dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat alternatif keputusan.

5. Penelitian Pengembangan : penelitian pengembangan merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengambangkan sebuah produk yang biasanya berkaitan dengan pendidikan atau penakaran. 

6. Penelitian Historis : penelitian historis merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan informasi di masa lalu atau yang berkaitan dengan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambar ulang kejadian atau peristiwa besar di masa lalu.

E. Membuat Judul Penelitian yang Menarik

Judul yang menarik harus mengandung 3 unsur : Problem, Method, dan Result.
Contoh : Increase the accuracy of the tracking user location indoor using extreme machine learning

Dari judul peneilitian di atas dapat kita urai sebagai berikut:
Problem : Tracking user location indoor
Method : Extreme Machine Learning
Result : Increase the Accuracy


0 Comments:

Posting Komentar