Jumat, 10 Juni 2022

Jenis-jenis Keamanan Jaringan Komputer

Jenis-jenis Keamanan Jaringan Komputer - Computer & Network Security

1. Keamanan Fisik

Keamanan fisik merupakan salah satu jenis sistem keamanan jaringan komputer yang ditekankan pada hardware atau perangkat keras. Dengan melindungi hardware atau prangkat keras. Dengan melindungi hardware atau perangkat keras pada komputer kita tujuannya yaitu agar kondisi hardware bisa tetap prima dan bisa beroperasi dengan lancar tanpa adanya kerusakan pada dalah satu hardware.

2. Proteksi Virus

Virus hingga saat ini masih menjadi ancaman yang sangat membahayakan sistem komputer. Serangan yang dilakukan oleh virus pada sistem komputer akan membuat kerusakan dan juga sistem komputer kita akan menjadi error.

3. Keamanan Jaringan

Kemanan jaringan merupakan salah satu jenis-jenis sistem keamanan pada komputer yang wajib kita ketahui agar bisa terhindar dari resiko yang berbahaya pada komputer kita. Jenis keamanan ini dilakukan dengan menggunakan software atau perintah tertentu misalnya dengan menggunakan procy atau firewall untuk memfilter pengguna yang ingin menggunakan jaringan komputer kita.

4. Otorisasi Akses

Password atau kata sandi merupakan salah satu jenis sistem keamanan jaringan pada komputer. Dengan memberlakukan sistem keamanan jaringan dengan menggunakan password atau sandi untuk mengakses suatu pada sebuah jaringan maka kita bisa memastikan dan memfilter bahwa hanya user tertentu saja yang bisa mengakses sebuah jaringan dengan izin kita.

5. Penanganan Bencana

Bencana alam kejadian yang tidak bisa prediksikan kapan datangnya. Namun kita tetap harus sedia payung sebelum hujan yang artinya kita harus siap melakukan pengamanan bencana yang akan terjadi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan kehilangan berbagai data-data penting yang berada di sebuah jaringan komputer kita.

Dengan melakukan ini maka setidaknya kita bisa meminimalisasi kerusakan pada sistem jaringan komputer apabila terjadi bencana alam.


0 Comments:

Posting Komentar