Sabtu, 04 Juni 2022

Firewall

Firewall - Computer and Network Security


Firewall adalah suatu cara atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software, ataupun sistem dengan tujuan untuk melindungi. Perlindungan dapat silakukan dengan menyaring, membatasi, atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/ kegiatan dari suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau Local Area Network.

Firewall secara umum diperuntukkan untuk melayani:

1. Mesin/Komputer

Setiap mesin komputer yang terhubung langsung ke jaringan luar atau internet dan menginginkan semua yang terdapat pada komputernya terlindungi.

2. Jaringan

Jaringan komputer yang terdiri lebih dari satu buah komputer dan berbagai jenis topologi jaringan yang digunakan, baik yang dimiliki oleh perusahaan, organisasi, dan sebagainya. 

Firewall mempunyai beberapa tugas:

1. Mengimplementasikan kebijakan security di jaringan (site security policy) : jika aksi tertentu tidak diperbolehkan oleh kebijakan ini, maka firewall harus meyakinkan bahwa semua usaha yang mewakili operasi tersebut harus gagal atau digagalkan. Dengan demikian, semua akses ilegal antar jaringa (tidak diotorisasikan) akan ditolak.

2. Melakukan filtering : mewajibkan semua traffic yang ada untuk dilewatkan melalui firewall bagi semua proses pemberian dan pemanfaatan layanan informasi. Dalam konteks ini, aliran paket data dari/ menuju firewall, diseleksi berdasarkan IP address, nomor port, atau arahnya, dan disesuaikan dengan kebijakan security.

3. Firewall juga harus dapat merekam/ mencatat even-even mencurigakan serta memberitahu administrator terhadap segala usaha-usaha menembus kebijakan security.

0 Comments:

Posting Komentar