Sabtu, 18 Juni 2022

Faktor-faktor yang Mengancam Keamanan Jaringan Komputer

Ada banyak faktor yang mengancam keamanan jaringan komputer, yang dapat dibagi menjadi faktor subyektif dan faktor obyektif. Untuk menggambarkan faktor-faktor yang mengancam keamanan jaringan komputer agar lebih komprehensif.

a. Spam dan Spyware

Dalam bentuk komunikasi yang biasa berkirim email adalah cara yang lebih umum digunakan. Terutama di semua jenis pekerjaan seringkali, email memainkan peran yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan. Karena alasan ini, maka banyak penjahat ingin menggunakan email untuk mencuri privasi pengguna atau ada tujuan lain. Mereka terutama memaksa pengguna untuk menerima spam dengan memasukkannya ke dalam email yang mereka kirimkan. Jika pengguna tidak memerhatikan validitas email ini, mereka dapat mengklik atau mengunduh perangkat lunak khusus yang mereka masukkan, maka akan terjadi kehilangan informasi.

b. Serangan dan Ancaman Hacker

Peretas merujuk pada sekelompok orang dengan kecerdasan dan kemampuan tinggi, yang akrab dengan pengetahuan komputer dan sangat pandai dalam keamanan jaringan komputer. Dibandingkan dengan orang biasa, peretas menunjukkan ketakutan kepada pengguna. Peretas dapat memilih serangan destruktif dan serangan non-destruktif jika ingin memenuhi kebutuhan mereka sendiri melalui jaringan komputer. Serangan destruktif, seperti menghancurkan sistem pengguna sehingga komputer benar-benar tidak dapat digunakan. Serangan non-destruktif berarti peretas hanya mengambil informasi yang mereka butuhkan tanpa memengaruhi pengguna normal pengguna. Peretas umum menggunakan cara serangan: serangan kuda Trojun, serangan phising terhadap virus web, serangan email dan sebagainya.


c. Implantasi virus

Pengguna komputer takut terhadap virus komputer, karena virus dapat disisipkan ke berbagai jenis aplikasi program, pengguna dengan tidak sengaja akan mengklik virus tersebut, selanjutnya virus dengan cepat menyebar ke seluruh bagian sistem komputer. Setelah sistem inti pengguna terinfeksi oleh virus, akan memengaruhi kerja normal pengguna dalam waktu singkat, sehingga menyebabkan kerugian yang tak terhindarkan bagi pengguna.


d. Pintu Belakang dan Kebocoran Perangkat Lunak Komputer

Tidak ada perangkat lunak di dunia yang sempurna sehingga banyak peretas suka memilih peranti lunak untuk diserang. Disebut "backdoor" berarti programmer meninggalkan pintu untuk di awal perancangan perangkat lunak. sehingga turut "memfasilitasi" oerasi masa depan mereka Backdoor semacam itu jelas bukan karena programmer tidakk cukup kompeten, akan tetapi karena justru terlalu kompeten untuk memikirkan cara yang tidak masuk akal tersebut. Singkatnya, perilaku tersebut adalah tidak masuk akal atau tidak direkomendasikan.


e. Sistem Serangan Langsung

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, beberapa orang yang akrab dengan komputer langsung menyerang sistem komputer orang lain melalui jaringan komputer yang dimiliki. Jenis kejahatan ini muncul dengan pengembangan bidang komputer. Serangan secara langsung pada sistem ini lebih canggih, bahkan tanpa meningglkan beberapa jejak. Dengan mencuri privasi, menghancurkan informasi nyata dan menyebabkan masalah besar bagi orang lain. Karena sifatnya tidak terbatas dari jaringan komputer, para penjahat ini menjadi semakin dan semakin merajalela. Hanya dengan meluangkan sedikit waktu dan energi, tetapi mereka mendapatkan keuntungan yang besar, sehingga timbul keinginan menjadi lebih kuat.


f. Bencana Alam

Tidak peduli seberapa cerdas komputer itu, komputer hanyalah sebuah mesin, yang selalu lebih rendah daripada manusia. Karena itu, ada faktor eksternal lain yang akan berdampak besar pada keamanan komputer, yaitu bencana alam. Bencana alam yang dimaksud merujuk pada penyebab yang tidak dapat dikendalikan seperti perubahan kelembaban, suhu, gempa bumi atau gempa bumi yang menyebabkan tsunami, pemadaman listrik yang tiba-tiba atau kecelakaan asupan air komputer. Penyebab alami ini berada di luar kendali manusia dan tidak bisa sepenuhnya dihindari. Karena itu, jika ingin meningkatkan keamanan jaringan komputer, kita harus melakukannya mulai dari aspek lain. 

0 Comments:

Posting Komentar