Sekolah Dasar

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak materi Sekolah Menengah Atas

Materi Umum

Di halaman ini kamu akan mendapatkan banyak Pengetahuan Umum

Kelas Online

Jika kamu membutuhkan bimbingan untuk belajar online, kamu bisa gabung di kelas online.

Minggu, 29 Mei 2022

Usaha dan Energi

A. Usaha

Usaha adalah besarnya energi atau gaya yang diberikan untuk memindahkan atau menggerakkan suatu benda atau objek. 

Rumus Usaha

W = F.s

Dimana,

F : Gaya (N)

W : Usaha (J)

s : Perpindahan (m)


Usaha (W) bertanda positif (+), usaha searah dengan perpindahan benda.

Usaha (W) bertanda negatif (-), usaha berlawanan arah dengan perpindahan benda.

A.1 Usaha pada Bidang Datar

Misalkan sebuah balok diberikan gaya F yang membentuk sudut tetha sehingga balok tersebut berpindah sejauh s. Maka usaha yang dilakukan oleh balok tersebut bisa dihitung dengan formula sebagai berikut :

Usaha pada Bidang Datar

W = F. cos tetha. s

Dimana tetha adalah sudut yang dibentuk oleh gaya F

A.2 Usaha pada Bidang Miring

Misalkan sebuah balok ditempatkan pada sebuah lantai miring dengan sudut tehta terhadap bidang horizontal sehingga balok tersebut bergerak sejauh s. Maka usaha yang dilakukan oleh balok tersebut bisa dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Usaha pada Bidang Miring
W = mg sin tetha .s

B. Energi
B.1 Energi Potensial
B.2 Energi Mekanik

Rabu, 11 Mei 2022

Bagaimana Bersuci dari Hadas?

Hadas dibedakan menjadi hadas besar dan hadas kecil. Berikut adalah tabel yang menunjukkan perbedaan hadas besar dan hadas kecil.

Masalah hadas besar bagi perempuan menjadi sangat penting dan menarik untuk dipelajari. Perempuan mengalami peristiwa khusus yang tidak dialami oleh seorang laki-laki. Seorang perempuan mengalami periswtiwa haid, nifas, dan terkadang istihadah. Darah yang keluar dari rahim perempuan ada beberapa macam. Ada yang dinamakan haid, nifas, dan istihadah.

Pertama darah haid, yaitu darah yang keluar pada perempuat saat kondisi sehat. Adapun ciri-ciri secara umum adalah kental, hangat, baunya kurang sedap, hitam, merah tua, kemudian berangsur-angsur menjadi semakin bening. 

Kapan perempuan haid?
Sebagian perempuan ada yang sudah mengalami haid saat mulai beurmur 9 tahun, Namun, rata-rata mereka mengalaminya pada usia belasan tahun.
Berapa lama masa haid?
Masa haid minimal adalah sehari semalam, biasanya 6 atau 7 hari, dan paling lama adalah 15 hari. kalau setelah 15 hari darah masih terus keluar, maka darah itu merupakan darah istihadah (penyakit). Apabila kalan ada yang mengalami kondisi ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.
Perlu diingat bahwa perempuan yang sedang haid tidak boleh melaksanakan shalat, puasa, membaca dan menyentuh/memegang Al-Qur'an, tawaf, berdiam diri di masjid, berhubungan suami istri dan cerai dari suami.

Kedua darah nifas, yaitu darah yang keluar sesudah melahirkan, setelah kosongnya rahim dari kehamilan, meskipun hanya segumpal darah. Sedikit atau banyaknya darah nifas juga bervariasi. Ada yang hanya datu tetes, keluar sehari atau dua hari. Rata-rata perempuan mengeluarkan darah nifas selama 40-an hari dan paling lama 60 hari. Adapun cara mandi wajib untuk perempuan yang nifas sama sebagaimana mandinya haid.

Ketiga darah istihadah, yaitu darah yang keluar tidak pada hari-hari haid dan nifas karena suatu penyakit. Darah istihadah ada empat macam, yaitu:
  1. keluar kurang dari masa haid;
  2. keluar lebih dari masa haid;
  3. keluar sebelum usia haid atau setelah masa menopause;
  4. keluar lebih dari lama dari maksimal masa nifas.
Seorang perempuan yang mengeluarkan darah istihadah tetap harus melaksanakan kewajiban salat dan puasa. Apabila hendak slat maka bersihkan darah itu, pakailah pembalut, kemudian ambilah air wudhu.

Selasa, 10 Mei 2022

Jenis-jenis Najis

 

Tabel Jenis-jenis Najis beserta Contoh dan Cara Menyucikannya

Senin, 09 Mei 2022

Apa itu taharah?

Taharah artinya bersuci dari najis dan hadas. Najis adalah kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah Swt., sedangkan hadas adalah keadaan tidak suci pada diri seorang muslim yang menyebabkan ia tidak boleh shalat, tawaf, dan lain sebagainya.

Apa saja yang harus dibersihkan? semua harus dibersihkan, termasuk badan, pakaian, tempat, dan lingkungan yang mejadi tempat segala aktivitas kita. Lebih-lebih tempat yang kita gunakan untuk melaksanakan ibadah shalat. Lokasi ibadah ini harus suci dati najis dan bersih dari segala kotoran pasti akan menjadi lebih sempurna dan bermakna. 


Taharah meliputi 2 hal yaitu: taharah dari najis dan taharah dari hadas. Taharah dari najis maksudnya adalah membersihkan sesuatu dari najis. Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis Mutawassitah, dan najis mugaladah.


Minggu, 08 Mei 2022

Mari Berperilaku Istiqamah

Mari Berperilaku Istiqamah


1. Pengertian Istiqamah
Isqitamah berarti sikap kukuh pada pendirian dan konsekuen dalam tindakan. dalam makna yang luas, istiqamah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan keislaman, walaupun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan. 

Seseorang yang mempunyai sifat istiqamah bagaikan batu karang yang berada di tengah-tengah hutan yang tidak tergeser sedikit pun, meskipun dihantam oleh gelombang yang sangat besar. Istiqamah tersujud karena adanya keyakinan akan kebenaran dan siap menanggung risiko. Sikap ini wajib dimiliki setiap muslim, termasuk kita sebagai pelajar. Istiqamah dapat membantu kita untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, kita sebagai pelajar harus memberi contoh yang baik kepada siapa saja dalam kehidupan kita sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat sekitar. Allah Swt, berfirman :
Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati. (QS. 46:13)

Ayat diatas menjelaskan sikap orang-orang istiqamah, yaitu menepati dan mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt., dan meninggalkan semua larangan-Nya. Orang yang semacam itu tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat karena Allah Swt, menjamin keselamatan mereka. 

2. Hikmah Perilaku Istiqamah
Di antara hikmah perilaku istiqamah adalah sebagai berikut.
  • Orang yang istiqamah akan dijauhkan oleh Allah Swt., dari rasa takut dan sedih sehingga dapat mengatasi rasa sedih yang menimpanya, tidak hanyut dibawa kesedihan, dan tidak gentar dalam menghadapi kehidupan masa yang akan datang.
  • Orang yang istiqamah akan mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan di dunia karena ia tekun dan ulet.
  • Orang yang istiwamah dan selalu sabar serta mendirikan salat akan selalu dilindungi oleh Allah Swt.
3. Perilaku Istiqamah dalam Kehidupan Sehari-hari
Perilaku istiqamah dapat diwujudkan melalui kegiatan :
  • selalu menjalankan perintah Allah Swt, dan menjauhi larangan-Nya dalam keadaan apapun dan dimanapun;
  • melaksanakan salat tepat pada waktunya;
  • belajar terus-menerus hingga paham;
  • selalu menaati peraturan, baik yang ada di rumah, sekolah, maupun masyarakat;
  • selalu menjalankan kewajibannya dengan rasa senang dan nyaman, tidak merasa dipaksa atau dibebani.

Referensi :

Ahsan, Muhammad. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sabtu, 07 Mei 2022

Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari


Perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

  1. Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu oleh orang lain, misalnya barang berharga, emas, rumah, atau barang-barang lainnya, maka kita harus menjaganya dengan baik. Pada saat barang dititip tersebut diambil oleh pemiliknya, kita harus mengembalikannya seperti semula.
  2. Menjaga rahasia. Apabila kita dipercaya untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, rahasia organisasi, atau rahasia negara, maka kita wajib menjaganya supaya tidak bocor kepada orang lain.
  3. Tidak menyalahgunakan jabatan, Jabatan adalah amanah yang wajib dijaga. Apabila kita diberi jabatan apapun bentuknya, maka kita harus menjaga amanah tersebut. Segala bentuk penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok termasuk perbuatan yang melanggar amanah.
  4. Memelihara semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah, berupa umur, kesehatan, harta benda, ilmu, dan sebagainya. Semua nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada umat manusia adalah amanah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Referensi :

Ahsan, Muhammad. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Jumat, 06 Mei 2022

Hikmah Perilaku Amanah

Hikmah Perilaku Amanah


Orang yang berbuat baik kepada orang lain, sesungguhnya ia telah berbuat baik kepada diri sendiri. Begitu juga sikap amanah memiliki dampak positif bagi diri sendiri di antara hikmah amanah adalah sebagai berikut.

  1. Dipercaya orang lain, ini merupakan modal yang sangat berharga dalam menjalin hubungan atau berinteraksi antara sesama manusia.
  2. Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
  3. Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.

Referensi :

Ahsan, Muhammad. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kamis, 05 Mei 2022

Apakah Amanah itu?

Apakah Amanah Itu?

 Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah yang wajib ditunaikan oleh setiap orang adalah hak-hak Allah Swt, seperti salat, zakat, puasa, berbuat baik kepada sesama, dan yang lainnya.

    Amanah berkaitan erat dengan tanggung jawab. Orang yang menjaga amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab. Sebaliknya, orang yang tidak menjaga amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab. 

    Kita harus berlatih untuk bertanggung jawab. Untuk berlatih tidak sulit. Mulailah dari menjaga amanah yang kecil-kecil, seperti bertanggung jawab saat piket kebersihan. Kalian belajar dan sekolah dengan sungguh-sungguh. Itu juga bagian dari menjaga amanah. Melaksanakan ibadah salat juga bagian dari menjaga amanah dari Allah Swt.

    Ternyata, tanpa disadari kalian sudah mulai berlatih menjaga amanah. Siapa tahu kelak di antara kalian ada yang mendapat amanah untuk menjadi seorang pemimpin. Jika kalian berlatih mulai dari sekarang, pada saat menjadi pemimpin tentu tidak sulit untuk menjaga amanah. Rasulullah bersabda :

Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda: "Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang kepala negara adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya..." (H.R Bukhari dan Muslim).

 Amanah dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

 1. Amanah terhadap Allah Swt. Amanah ini berupa ketaatan akan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah Swt berfirman:

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS. 8:27)

Contoh amanah kepada Allah Swt. yaitu menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarangnya. Bukankah kita diciptakan oleh Allah Swt. untuk mengabdi kepada-Nya? Orang yang mengabdi kepada-Nya berarti telah mengetahui amanah-Nya. Orang yang tidak mengabdi kepada-Nya berarti telah mengingkari amanah-Nya.

2. Amanah terhadap sesama manusia. amanah ini meliputi hak-hak antar-sesama manusia. Misalnya, ketika dititipi pesan atau barang, maka kita harus menyampaikan kepada yang berhak. Allah Swt berfirman:

اِÙ†َّ اللّٰÙ‡َ ÙŠَØ£ْÙ…ُرُÙƒُÙ…ْ اَÙ†ْ تُؤَدُّوا الْاَÙ…ٰÙ†ٰتِ اِÙ„ٰٓÙ‰ اَÙ‡ْÙ„ِÙ‡َاۙ ÙˆَاِØ°َا Ø­َÙƒَÙ…ْتُÙ…ْ بَÙŠْÙ†َ النَّاسِ اَÙ†ْ تَØ­ْÙƒُÙ…ُÙˆْا بِالْعَدْÙ„ِ ۗ اِÙ†َّ اللّٰÙ‡َ Ù†ِعِÙ…َّا ÙŠَعِظُÙƒُÙ…ْ بِÙ‡ٖ ۗ اِÙ†َّ اللّٰÙ‡َ Ùƒَانَ سَÙ…ِÙŠْعًاۢ بَصِÙŠْرًا

Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat-amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

3. Amanah terhadap diri sendiri. Amanah ini dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan kebahagiaan diri. Allah Swt. berfirman :

 ۙÙˆَالَّØ°ِÙŠْÙ†َ Ù‡ُÙ…ْ Ù„ِاَÙ…ٰÙ†ٰتِÙ‡ِÙ…ْ ÙˆَعَÙ‡ْدِÙ‡ِÙ…ْ رَاعُÙˆْÙ†َ

Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanah dan janjinya.

Referensi :

Ahsan, Muhammad. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Senin, 02 Mei 2022

Soal dan Pembahasan Susunan Jagat Raya dan Tata Surya

Susunan Jagat Raya dan Tata Surya

1. Sejarah dan struktur alam semesta dipelajari dalam...
a. kosmogoni
b. kosmologi
c. kosmografi
d. kosmis
e. kosmos

2. Teori ledakan besar menyebutkan bahwa alam semesta lahir...
a. dari adanya materi-materi yang saling meledak
b. karena beberapa materi meledak setelah terpisah dari materi intii
c. karena materi inti meledak setelah terpecah-pecah
d. setelah adanya ledakan besar yang sangat dahsyat dari materi yang pernah menyatu
e. karena materi inti dan materi yang terpisah meledak secara bersama

3. Galaksi yang tampak dari samping berbentuk elips yang memiliki lengan dan dikelilingi atmosfer yang memancarkan cahaya adalah galaksi yang berbentuk...
a. spiral
b. elips
c. tak beraturan
d. lingkaran
e. kerucut

4. Galaksi Bimasakti termasuk dalam galaksi berbentuk...
a. spiral
b. elips
c. tak beraturan
d. lingkaran
e. kerucut

5. Teori geosentrik menyebutkan bahwa yang menjadi pusat tata surya adalah...
a. Matahari
b. Bulan
c. Bintang
d. Bumi
e. Planet

6. Teori terbentuknya tata surya yang dikemukakan oleh Kant dan Laplace adalah teori...
a. panetesimal
b. kabut
c. pasang surut
d. awan debu
e. bintang kembar

7. Menurut Buffon tata surya berasal dari materi Matahari yang terlempar setelah bertabrakan dengan sebuah komet. Pendapat tersebut adalah teori...
a. planetesimal
b. kabut
c. pasang surut
d. awan debu
e. bintang kembar

8. Meteoroid adalah ...
a. anggota tata surya berbentuk debu, es, dan gas yang menggumpal
b. benda angkasa yang jatuh ke Bumi karena gravitasi
c. benda angkasa yang bergerak mengelilingi planet
d. planet-planet kecil di antara tulisan planet Mars dan Yupiter
e. anggota tata surya berukuran kecil sangat padat di sekitar planet

9. Arah gerak rotasi Bumi dapat menyebabkan...
a. gerak semu harian benda langit
b. gerak semu tahunan matahari
c. pergantian malam dan siang
d. perbedaan cuaca
e. perbedaan iklim

10. Revolusi Bumi dapat mengakibatkan terjadinya pergantian musim. Saat di belahan Bumi selatan di garis balik selatan, tepatnya tanggal...
a. 22 Juni
b. 21 Juni
c. 23 September
d. 22 Desember
e. 21 Maret

11. Adanya pemanasan didalam Bumi menyebabkan terbentuknya uap air dan gas-gas lainnya hingga terbentuk...
a. litosfer
b. atmosfer
c. hidrosfer
d. biosfer
e. geosfer

12 Era yang merupakan awal terbentuknya kerak Bumi yang terus berkembang adalah era...
a. palezoik
b. mesozoik
c. prakambrium
d. senozoik
e. miosen

13. Berikut termasuk dalam periode tersier, kecuali...
a. paleosen
b. eosen
c. pilosen
d. estosen
e. miosen

14. Epok yang ditandai kemuculan kera di Asia dan Eropa adalah epok...
a. oligosen
b. miosen
c. pliosen
d. eosen
e. paleosen

15. Melimpahnya tumbuhan berbunga serta mulai lazimnya binatang tak bertulang belakang seperti ikan terjadi pada epok...
a. pilosen
b. paleosen
c. eosen
d. oligosen
e. miosen

16. Munculnya manusia purba (Homo erectus atau Pitheconthropus erectus) terjadi pada epok...
a. pleistosen
b. holosen
c. piliosen
d. milosen
e. oligosen

17. Bumi yang terdiri massa cair yang pijar dan dikelilingi oleh lapisan batuan keras yang disebut kerak bumi merupakan pendapat dari...
a. Imanual Kant
b. Piere Simon de Laplace
c. Plato
d. Buffon
e. Harold Jeffreys

18. Lapisan terluar dari selimut Bumi adalah...
a. litosfer
b. astenosfer
c. mesosfer
d. inti luar
e. inti dalam

19. Lapisan yang tersusun atas logam silisium dan magnesium adalah...
a. lapisan sial
b. lapisan sima
c. lapisan dalam
d. selimut Bumi
e. kerak Bumi

20. Bagian Bumi yang terdiri dari kandungan besi cair dan suhunya mencapai 2200 derajat Celcius adalah...
a. inti luar
b. inti dalam
c. lapisan sial
d. mesosfer
e. kerak Bumi

Minggu, 01 Mei 2022

Research Metodology (Metode Penelitian) - Konsep dan Pengertian Metode Penelitian

Research Metodology (Metode Penelitian) - Konsep dan Pengertian Metode Penelitian


1. Konsep dan Pengertian Metode Penelitian

1.1 Pengertian Metode Penelitian Secara Umum

Pengertian Metode Penelitian adalah langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi pada data yang telah didapatkan tersebut. Metode penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian yang meliputi antara lain :

  • prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh
  • waktu penelitian
  • sumber data
  • dengan langkah apa data-data tersebut diperoleh
  • pengolahan dan analisis
Dalam pembahasan kali ini, pertama-tama kami coba menjelaskan terlebih dahulu metode penelitian, pengertian tentang metode penelitian termasuk pengertian metode penelitian menurut para ahli/pakar. Dan yang terkahir adalah kita jelaskan contoh metode dari penelitian dan manfaatnya.

Maksudnya ialah bahwa pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penelitian. Dan selanjutnya akan kami jelaskan macam-macam metode tentang penelitian secara terperinci.

1.2 Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli
  • Menurut Nasir : metode dari penelitian ialah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
  • Menurut Winarno : metode dari penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang teliti dan sistematik.
  • Menurut Muhiddin Sirat : metode penelitian merupakan suatu langkah memilih masalam dan penentuan judul penelitian
  • Menurut Sugiyono : metode sebuah penelitian adalah langkah ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
1.3 Jenis Metode Penelitian dan Pengertiannya
Selah kita memahami semua yang kita bahas diatas, saatnnya kita memasuki tahap memahami tentang penelitian. Sperti yang sudah di bahas di paling awal, bahwa metode penelitian adalah tahapan untuk mengumpulkan data kemudian melakukan investigasi terhadap data tersebut.

Jika kita masuk dalam tahap ini, maka kita akan menjawab beberapa pertanyaan, diantaranya : 
  • Bagaimana data akan dipilih?
  • Sumber data dari mana?
  • Siapa yang akan mengambil data?
  • Kapan dan dimana?
  • Kriteria bagaimana?
Jika sudah didapat datanya, selanjutnya adalah :
  • Bagaimana tahapan mengolahnya agar bisa dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan?
  • Menggunakan apa mengolahnya?
  • Selanjutnya bagaimana langkah analisisnya?
  • Menggunakan apa?
  • Istrumen penelitian yang digunakan apa?
  • Bagaimana cara mendapatkan data yang valid?
  • Bagaimana mengambil keputusan terhadap hasil analisis tersebut?
Itulah jawaban yang harus kita cari dengan memahami tentang metode dari penelitian dan teknik pengumpulan data, pengolahan data serta analisis data hingga ilmu statistik. Tidak mudah memang, oleh karena itu jangan terburu-buru atau tergesa-gesa.

Sebaiknya kita sebagai peneliti maupun mahasiswa yang sedang dalam tahap pembuatan tugas akhir penelitian seperti skripsi, tesis maupun disertasi mempelajari semua pertanyaan di ats secara berurutan dan secara hirarki.

1.4 Jenis Metode Penelitian Secara Umum
Jika kita sudah masuk ke dalam tahap metode penelitian, maka kita akan dihadapkan pada 2 hal yang penting, yaitu melakukan metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, atau pmetode penelitian campuran (combined atau mixed)

1.5 Jenis Penelitian Menurut Kegunaannya
Jenis penelitian berdasarkan kegunaannya:
1.5.1 Penelitian Murni
Penelitian murni disebut juga dengan penelitian dasar. Penelitian murni ini bertujuan untuk menggambarkan teori dan tidak memerhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis.

Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), menyatakan bahwa penelitian murni atas penelitian dasar merupakan penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Jenis penelitian ini berbeda dengan penelitian terapan.

1.5.2 Penelitian Terapan
Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), bahwa penelitian terapan ialah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.

Penelitian terapan ini lebih bersifat praktis dan aplikatif oleh karena penelitian seperti ini bermula dari sebuah permasalahan yang riil dan bukan permasalah yang bersifat teoritis.

1.5.3 Penelitian Aksi
Penelitian aksi yang juga sering disebut dengan istilah action research, bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara melakukan serangkaian tindakan yang khusus. Yaitu yang telah melalui telaah teoritis sebelumnya secara nyata supaya segera mendapatkan solusi yang terbaik untuk masalah dalam penelitian tersebut.

1.5.4 Penelitian Kebijakan
Metode penelitian kebijakan aialah penelitian yang bertujuan untuk menentukan suatu kebijakan berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian ini berupa peraturan, undang-undang, surat keputusan, dan segala hal yang berhubungan atau memiliki kekuatan hukum.

1.5.5 Penelitian Evaluasi
Jenis penelitian berdasarkan kegunaannya yang terakhir adalah penelitian evaluasi. Penelitian seperti ini bertujuan untuk memberikan penilaian pada program tertentu, kegiatan serta kebijakan yang ditujukan untuk mengintervensi masyarakat.


1.6 Jenis Metode Penelitian Berdasarkan Sifat Masalahnya
1.6.1 Metode Historis
Metodologi penelitian historis bertujuan untuk membuat rekonstruksi terhadap masa lampau secara sistematis dan obyektif.

1.6.2 Metode Deskriptif
Metode penelitian desktiptif merupakan metode yang bertujuan untuk membuat deskriptif secara sistematis, faktual, serta akurat pada fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.

1.6.3 Metode Perkembangan
Metodologi penelitian perkembangan merupakan rancangan penelitian yang bertujuan ialah untuk menyelidiki pola-pola dan urutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu.

1.6.4 Metode Kasus
Metodologi penelitian kasus atau lapangan ialah suatu rancangan penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekaran serta interaksi lingkungan suatu objek.

1.6.5 Metode Korelasional
Metode penelitian korelasional adalah suatu rancangan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi.

1.6.6 Metode Experimental
Penelitian True Eksperimental atau eksperimen sungguhan merupakan suatu metode yang bertujuan untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungan sebab akibat denganc ara melakukan kontrol atau kendali.

1.6.7 Metode Quasi Experimental Semu
Penelitian Quasi Ekspeirmental atau Eksperimen Semu merupakan suatu rancangan penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol atau kendali. Tetapi bisa diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian.

1.6.8 Metode Kausal Komparatif
Metode Kausal Komparatif adalah metode yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tetapi tidak dengan eksperimen melainkan dilakukan dengan pengamatan pada data dari faktor yang diduga menjadi penyebab sebagai pembanding.

1.6.9 Metode Tindakan
Penelitian tindakan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.

1.7 Manfaat Metode Penelitian Dalam Penelitian
Manfaat metode penelitian adalah untuk memudahkan peneliti dalam membuat strategi, menetapkan proses dan teknik yang akan digunakan dalam upaya pengumpulan data dan melakukan analisis. Sebagai peneliti, ada beberapa hal yang harus dimengerti agar anda dapat memahami rancangan penelitian, antara lain ontology, epistomology, metodologi penelitian, dan metode dan teknik penelitian.

Diantara komponen-komponen tersebut, metode penelitian adalah komponen yang paling tampak atau terlihat pada saat melakukan penelitian. Sedangkan yang lainnya menjadi penguat agar kita sukses melakukan penelitian yang baik.

1.8 Tujuan Penelitian
1.8.1 Tujuan Penelitian Secara Umum
Tujuan penelitian secara umum adalah di bawah ini:
  1. Untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru.
  2. Untuk membuktikan atau menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada.
  3. Untuk mengembangkan pengetahuan yang sudaha ada.
1.8.2 Tujuan Penelitian Secara Teoritis
Secara teoritis, tujuan penelitian merupakan usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal. Pengetahuan yang dipeorleh dari jenis penelitian seperti ini tidak dapat dimanfaatkan secara langsung atau secara praktis. Sehingga nama lain dari penelitian seperti ini disebut sebagai basic research.

1.8.3 Tujuan Penelitian Secara Praktis
Secara praktis, tujuan penelitian adalah emncari serta menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut dengan applied research.

Menurut para ahli, slain tujuan praktis diatas, masih ada beberapa tujuan penelitian praktis lainnya yaitu:
  1. Tujuan eksploratif : yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya. Misalnya adalah penelitian yang pada akhirnya menemukan teori baru bahwa ekstrak mangga dapat emnurunkan kadar kolestrol. Dimana sebelumnya belum pernah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.
  2. Tujuan Verifikatif : yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menguji atau membuktikan kebenaran dari pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Misalnya penelitian yang membuktikan apakah benar mentimun dapat menurunkan tekanan darah manusia. Dimana sebelumnya telah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.
  3. Tujuan Pengembangan : yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan mengambangkan atau menggali lebih dalam lagi dari pengetahuan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misaltentang penelitian mentimun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

1.9 Komponen Dasar Dalam Metode Penelitian
1.9.1 Ontology
Ontology adalah ilmu filsafat yang mempelajari bagaimana anda sebagai peneliti, dapat melihat dunia secara realistis kemudian membuat asumsi-asumsi tentang dunia tersebut sehingga bisa membuat perbandingan terhadap sifat dunia dan seisinya lalu kemudian mengambil kesimpulan. 

Sebagai contoh, coba anda membayangkan dunia ini. Bagaimana dunia ini sebelum diciptakan, kemudian diciptakan, bagaimana eksistensinya, manusia dan makhluk lainnya di dalamnya saling berkaitan.

Kemudian anda berpikir bahwa manusia hidup dalam dunia berada di bumi. Manusia hidup karena makan dan minum. Makanan bersumber dari tumbuhan. Sedangkan tumbuhan dapat hidup dan tumbuh karena adanya tanah, air, udara, dan matahari.

Pertanyaan penelitian diatas bisa berupa:
  1. Bagaimana bumi diciptakan?
  2. Bagaimana manusia diciptakan?
  3. Mengapa manusia menjadi penguasa di bumi?
  4. Mengapa dengan makan manusia bisa tumbuh serta bagaimana perjalanan makanan itu di dalam tubuh manusia?
  5. Bagaimana tumbuhan mengolah sumber nutrisi dari tanah sehingga dapat tumbuh.
Dan banyak lagi segudang tanya yang bisa kita buat. Pertanyaan masalah itulah yang bisa anda teliti. Jadi kesimpulannya, sebagai peneliti anda harus memahami tentang ontology dan menerapkannya.

Jika anda bertanya sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, maka anda harus menelitinya.

1.9.2 Epistomology
Epistomology adalah ilmu yang mempelajari bagaimana anda membuat langkah-langkah terbaik dalam ranga mempelajari sifat dunia dan realistis. Artinya bahwa setelah anda mempunyai segudang tanya terhadap realistis dunia, selanjutnya anda akan bertanya kembali, bagaimanakah cara mempelajarinya.

Kita ambil contoh pada pertanyaan dalam pembahasan ontology yang telah dibahas diatas, yaitu: bagaimana sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan manusia.

Maka selanjutnya anda akan memilih langkah yang terbaik agar anda dapat menemukan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Misalnya anda akan coba melihat apa sebenarnya yang diserap dari sari pati tanah oleh tumbuhan.

Bagaimana mengetahuinya. Selanjutnya setelah diketahui, bagaimana dapat mengetahui bahwa sinar matahari berperan dalam proses perubahan sari pati tanah menjadi nutrisi yang berguna untuk manusia dan binatang. Bagaimanakah caranya? Itulah yang dimaksud dengan epistomology.

Sebagai peneliti anda harus memahami dan menggunakan ontology serta epistomology sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan memahami dan menerapkan metodologi penelitian.

1.9.3 Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian adalah bagaimana anda sebagai peneliti atau anda sebagai bagian dari tim penelitian, mencoba untuk membuat gambaran secara komprehensif bagaimanakah langkah menjawab pertanyaan penelitian.



Sumber : 
1. Hidayat, Anwar. 2017. https://www.statistikian.com/2017/02/metode-penelitian-metodologi-penelitian.html. Diakses pada tanggal 27 April 2022 pukul10.24 WIB

Soal dan Pembahasan Matematika Keuangan

Soal dan Pembahasan Matematika Keuangan

1. Setiap awal bulan Dani menyimpan uang di bank sebesar Rp. 500.000,00. Jika bank memberikan bunga 4%/ bulan dengan pembungaan di tiap awal bulan, tentukan uang Dani setelah menabung 17 bulan!
Pembahasan:
Setiap awal bulan -- Rente Pranumerando
Angsuran tiap awal, ditanya nilai akhir

Jadi, uang Dani setelah menabung selama 17 bulan adalah Rp. 12.322.706,00.

2. Tira mendapat beasiswa dari pemerintah yang dibayarkan setiap awal bulan sebesar Rp. 350.000,00 selama 3 tahun. Jika beasiswa diberikan di awal bulan pertama dengan bunga 1,5%/bulan, tentukan total beasiswa yang diterima Tira!
Pembahasan:
Setiap awal bulan -- Rente Pranumerando

Angsuran tiap awal, yang ditanya nilai tunai

Jadi, total beasiswa yang diterima Tira adalah Rp. 9.826.458,00

3. Setiap akhir bulan Ranita menabung di bank sebesar Rp. 225.000,00 selama 7 bulan dengan bunga 2%/bulan dari bank dengan pembungaan di tiap akhir bulan. Tentukan total tabungan Ranita di bank tersebut!
Pembahasan:
Setiap akhir bulan -- Rente Postnumerando

Angsuran tiap akhir, yang ditanya nilai akhir

Jadi, total tabungan Ranita di bank adalah Rp. 1.672.714,00

4. Setiap akhir bulan Panti Asuhan Kanyaah Indung menerima uang dari Yayasan Sebelas April sebesar Rp. 500.000,00 dengan bunga 3%/bulang di setiap akhir bulan. Jika panti asuhan menghendaki penerimaan uang tersebut di awal bulan pertama, tentukan besar uang yang diterima panti tersebut selama 2,5 tahun!
Pembahasan:
Setiap akhir bulan -- Rente Postnumerando
Angsuran tiap akhir, yang ditanya nilai tunai


Jadi, besar uang yang diterima panti adalah Rp. 9.800.220,00

5. Suatu modal sebesar Rp. 100.000,00 dibungakan selama 3,5 tahun atas dasar bunga majemuk 4,5% tiap triwulan. Tentukan nilai akhir modal tersebut!
Pembahasan :

Jadi, nilai akhir modal tersebut adalah Rp. 185.194,00

6. Agus mendepositokan uang di bank sebesar Rp. 10.000.000,00 selama 10 tahun dengan suku bunga majemuk 5% per tahun. Besarnya bunga yang ia dapatkan pada tahun ke-10 adalah ...
Pembahasan:



Jadi, besar bunga yang di dapatkan pada tahun ke-10 adalah Rp. 6.288.946,00

7. Modal sebesar Rp. 500.000,00 akan dibayarkan 10 tahun lagi atas dasar bunga majemuk 6% setahun. Tentukan nilai tunai modal tersebut!
Pembahasan: 

Jadi, nilai tunai modal tersebut adalah Rp. 279.197,00

8. Lastri meminjam uang di bank sejumlah Rp. 1.500.000,00. Dalam jangka waktu satu tahun, ia harus mengembalikan Rp. 1620.000,00. Maka suku bunga pinjaman Lastri adalah ...
Pembahasan:

Jadi, suku bunga pinjamannya adalah 8% per tahun.

9. Modal sebesar RP. 2.000.000,00 dipinjamkan dengan bunga tunggal. Hitunglah besarnya bunga dan modal akhir, jika suku bunga per tahun 11% per tahun dalam jangka waktu 5 tahun.
Pembahasan :
Besar bunga yang di terima dalam jangka 5 tahun

Besar bunga yang diterima adalah Rp. 1.100.000,00

Modal akhir dalam jangka 5 tahun :

Jadi, besarnya modal akhir adalah Rp. 3.100.000,00

Butuh Tutor Online? Hubungi langsung via WhatsApp di bawah ini!