Senin, 11 April 2022

Kriteria Von Mises

Kriteria Von Mises


Analisis struktur identik dengan kekuatan pada saat pembebanan. Untuk itu diperlukan kriteria kegagalan yang menunjukkan batas aman struktur tersebut. Von Mises menyatakan bahwa akan terjadi luluh bilamana invarian kedua deviator tegangan mengalami harga kritis tertentu, dengan kata lain lulus akan terjadi pada saat energi distorsi atau energi regangan geser material mencapai suatu nilai krisis tertentu. Dalam ilmu material, material dikatakan luluh ketika tegangan von Mises mencapai nilai kritis yang diketahui sebagai yield strengthYield strength menyatakan kekuatan luluh, yaitu harga terendah dimana material mengalami deformasi plastis. Kriteria von Mises ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan kriteria lainnya, namun kriteria von Mises lebih mendekati hasil eksperimen.


Struktur yang dikenai beban akan dihitung nilai tegangan von Mises-nya. Nilai ini digunakan untuk memprediksi tingkat keluluhan material terhadap kondisi pembebanan dari hasil pengujian/simulasi.

Kriteria luluh disusun dengan asumsi bahwa material bersifat isotropis (bersifat seragam/homogen diberbagai arah), dan tidak berlaku untuk material anisotropis karena proses deformasi tidak sama untuk berbagai arah pengerjaan.

0 Comments:

Posting Komentar